Perbanas: Perlindungan Konsumen Properti Harus Ditingkatkan

Kompas.com - 16/05/2017, 14:39 WIB
Ilustrasi pameran properti. Arimbi RamadhianiIlustrasi pameran properti.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas) meminta pemerintah maupun regulator meningkatkan perlindungan konsumen sektor properti. Pasalnya, masih kerap ditemukan pengembang nakal yang tidak menepati janjinya kepada konsumen.

Sekretaris Jenderal Perbanas Dani Hartono menjelaskan, peningkatan perlindungan konsumen properti diharapkan bisa mendorong pertumbuhan sektor properti. Selain itu, konsumen juga bisa semakin percaya dalam membeli rumah.

Pada akhirnya, sektor properti juga akan terdongkrak pertumbuhannya. Pasalnya, perlambatan ekonomi berimbas pada perlambatan sektor properti pula.

"Perlindungan konsumen harus dikedepankan. Sektor properti juga harus dibenahi terkait dengan perlindungan konsumen, sehingga pertumbuhan di sektor properti dan kepercayaan para konsumen menjadi posiitif," kata Doni di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Dani pun menyatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dapat menindak pengembang-pengembang nakal. Olah karenanya, perlindungan konsumen di sektor properti penting dijadikan fokus.

Menurut Dani, hingga kini sektor properti masih mempunyai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah dan para pelaku industri properti. Pemerintah diminta terus mendorong regulasi untuk dapat menopang pertumbuhan sektor properti.

"Diperlukan banyak regulasi untuk menumbuhkan sektor ini. Peran semua pihak terkait perlu dioptimalkann hal ini tentu demi menumbuhkan sektor properti di Indonesia," jelas dia.

(Baca: Perbanas Nilai Imbauan ?Rush Money? Tidak Bertanggung Jawab)

Kompas TV Wow, Ini Dia Hunian Mewah Ala “Star Wars”
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.