Kompas.com - 18/05/2017, 06:01 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) berharap kenaikan transaksi dari pembukaan akses 35 ruas tol kepada bank penerbit uang elektronik chips based (berbentuk kartu). Rencana pembukaan akses ruas tol ini dilakukan pada Oktober 2017.

Jan Hendra, Sekretaris Perusahaan BCA mengatakan saat ini Flazz bisa diterima di beberapa ruas tol seperti Cikarang Utama - Bandung, Cikarang Utama - Palimanan, Surabaya - Gresik, Tol Juanda, Makassar.

"Jadi kami siap untuk rencana (pembukaan akses tol ke seluruh penerbit uang elektronik berbentuk kartu) BI," ujar Jan Hendra, Rabu (17/5/2017).

Terkait berapa target kenaikan transaksi dari pembukaan data ini, Jan Hendra belum mendetailkan lebih lanjut.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) berencana akan membuka akses uang elektronik di 35 ruas jalan tol di Indonesia. Proyeksi BI, 35 ruas jalan tol ini bisa menggunakan uang elektronik berbentuk kartu dari semua bank pada Oktober 2017.

Sebagai gambaran saja, berdasarkan data BI, saat ini ada sebanyak delapan penerbit uang elektronik berbasis cip (chip based). Dari jumlah tersebut, sebanyak tujuh penerbit merupakan lembaga perbankan dan satu adalah institusi non bank.

Tujuh bank ini di antaranya Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mega, Bank Nobu dan Bank DKI. Ada pula PT Skye Sab Indonesia (Skye Bee) selaku peserta dari non bank. (Galvan Yudistira)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber KONTAN



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.