Panasonic Gobel Perluas Bisnis ke Distribusi Sistem TI Medis

Kompas.com - 18/05/2017, 12:51 WIB
(Kiri-kanan) Kotani, Presiden dan CEO Panasonic Healthcare Co. Ltd bersalaman dengan Rahmat Gobel, Chairman dan Shreholder Panasonic Gobel Group usai meneken kerja sama distribusi di Jakarta, Kamis (18/5/2017). 
Dok. PANASONIC(Kiri-kanan) Kotani, Presiden dan CEO Panasonic Healthcare Co. Ltd bersalaman dengan Rahmat Gobel, Chairman dan Shreholder Panasonic Gobel Group usai meneken kerja sama distribusi di Jakarta, Kamis (18/5/2017).
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Panasonic Gobel Indonesia memperluas bisnisnya ke distribusi sistem teknologi informasi medis melalui anak usahanya, PT Gobel Dharma Nusantara (GDN). GDN ditunjuk oleh Panasonic Healthcare Co. Ltd. Japan (PHC) sebagai distributor Sistem Teknologi Informasi Medis (Medical IT System) di Indonesia.

Penunjukan ini diresmikan dengan penandatanganan pendahuluan Perjanjian Distribusi oleh dan antara Kotani, Presiden dan CEO PHC dengan Rahmat Gobel sebagai Chairman dan pemilik saham dari Panasonic Gobel Group di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Saat ini PHC melalui Divisi Medical Information System, memiliki merek “Medicom” yang telah menjadi Top Brand di pasar Medical IT System di Jepang.

Sistem ini mampu memfasilitasi dan mengintegrasikan sistem teknologi informasi untuk rumah sakit, klinik, apotek, laboratorium, penyedia asuransi kesehatan, institusi pemerintah, hingga layanan kesehatan pribadi.

"Kami di Jepang memiliki pangsa pasar nomor satu. Kami melihat berlakunya BPJS Kesehatan membuat antrian di rumah sakit sangat banyak. Kami melihatnya sebagai peluang untuk menawarkan solusi IT kami," kata dia, Kamis (18/5/2017).

Di Indonesia, keberadaan Medical IT System ini menjadi sangat penting dan dibutuhkan sejak pemerintah Indonesia menerapkan (JKN) Jaminan Kesehatan Nasional, program pelayanan kesehatan dari pemerintah yang berwujud BPJS Kesehatan dan sistemnya menggunakan sistem asuransi, pada 31 Desember 2013. 

Keberadaan JKN yang semakin luas ini membutuhkan solusi untuk penyediaan sistem teknologi informasi dan komunikasi medis terpadu. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kotani berharap, hadirnya solusi IT medis ini akan membuat antrian pasien di rumahbsakit berkurang, sementara rumah-rumah sakit akan terintegrasi dengan baik dan catatan medis akan terekam dengan baik.

Untuk ini sebagai tahap awal, Panasonic Gobel melalui GDN akan memperkenalkan Sistem Antrian dan Registrasi Pasien (Patient Queuing and Registration System) yang dirancang khusus untuk Indonesia. 

Kedepannya akan diikuti dengan produk-produk Medical IT System lainnya, seperti sistem e-Rekaman Medis (e-Medical Record /EMR System) untuk rumah sakit dan pelayanan medis lainnya, Sistem Informasi untuk Apotek (Pharmacy’s System), dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.