Kompas.com - 18/05/2017, 15:15 WIB
Warga mengikuti program mudik gratis yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan di Senayan, Jakarta, Minggu (12/7/2015). Beberapa merek telah berhasil menyapa pelanggannya dengan baik di Bulan Suci melalui aktivitas CRM yang mereka lakukan. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESWarga mengikuti program mudik gratis yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan di Senayan, Jakarta, Minggu (12/7/2015). Beberapa merek telah berhasil menyapa pelanggannya dengan baik di Bulan Suci melalui aktivitas CRM yang mereka lakukan.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkutan mudik gratis tahun ini tidak hanya disedikan pemerintah. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga ikut berpartisipasi.

Tahun ini, ada 22 BUMN yang berpartisipasi menyediakan angkutan mudik gratis. Total kapasitas yang disediakan mencapai 101.304 penumpang.

"Jumlah ini mengalami peningkatan. Tahun lalu BUMN yang ikut hanya 16, sekarang jadi 22," ujar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di Jakarta, Kamis (17/5/2017).

Rincian kapasitas penumpang itu terdiri dari moda bus 91.060 penumpang, kereta api 6.664 penumpang, kapal 2.675 penumpang, dan pesawat 1.005 penumpang.

Sementara itu total armada bus yang disediakan untuk mudik gratis BUMN mencapai 1.734 bus, 94 gerbong kereta api, 9 kapal, dan 22 pesawat.

Menurut Pudji, kapasitas mudik gratis yang disediakan BUMN naik sekitar 25 persen dibandingkan tahun lalu.

Namun kenaikkan kapasitas itu belum sesuai permintaan Menteri BUMN Rini Soemarno yang menginginkan kenaikan mencapai 50 persen. Adapun koordinator mudik gratis BUMN dipegang oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca: Kalau Negara Sudah Makmur, Tak Ada Lagi Mudik Gratis)

Kompas TV Penjualan tiket melalui online berlangsung sangat cepat. Sejak pembukaan penjualan, tiket untuk hari ketiga sebelum lebaran bahkan telah ludes terjual.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.