Punya 450 Juta Pengguna di China, Pendapatan Alibaba Naik 60 Persen

Kompas.com - 20/05/2017, 18:30 WIB
CEO Alibaba Jack Ma (tengah) bersama aktris Hollywood Scarlett Johansson saat membuka event Singles Day 2016. Associated PressCEO Alibaba Jack Ma (tengah) bersama aktris Hollywood Scarlett Johansson saat membuka event Singles Day 2016.
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - Pendapatan raksasa e-commerce Alibaba melonjak 60 persen pada kuartal I 2017. Pertumbuhan pendapatan yang solid ini didukung oleh kuatnya pertumbuhan basis pengguna di China.

Lebih dari 450 juta pengguna memanfaatkan Alibaba untuk belanja pada kuartal I 2017. Adapun rata-rata belanja tahunan naik sepertiga, menurut Alibaba.

Mengutip BBC, Sabtu (20/5/2017), pendapatan Alibaba pada kuartal I 2017 mencapai 5,6 miliar dollar AS.

Namun, investor tampaknya tidak puas dengan kinerja keuangan Alibaba, menyebabkan sahamnya sempat turun hingga 3 persen.

Alibaba yang dimiliki oleh miliarder Jack Ma merupakan peritel online terbesar di China. Kegiatan usaha China menyumbang 67 persen atau 3,7 miliar dollar AS terhadap pendapatan Alibaba.

Tidak hanya e-commerce, Alibaba juga merambah ke berbagai layanan lainnya, seperti media dan cloud computing. Hal yang sama juga dilakukan rivalnya, Amazon.

Alibaba juga menyatakan bakal memperluas bisnis secara internasional untuk pertumbuhan yang lebih solid di masa mendatang.

Tahun lalu, Alibaba mengakuisisi e-commerce asal Singapura, Lazada. Laba Alibaba pada kuartal I 2017 mencapai 1,5 miliar dollar AS, meroket 98 persen secara tahunan. Adapun penjualan ritel internasional pada kuartal I 2017 mencapai 353 juta dollar AS. 

Kompas TV Industri E-Commerce Tumbuh Berkembang di Indonesia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.