Menhub Kembali Ingatkan Masyarakat Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor

Kompas.com - 21/05/2017, 13:36 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi mudik ke kampung halaman.

Budi Karya menganjurkan masyarakat untuk menggunakan alat transportasi umum seperti, bus dan kereta api.

"Kalau bisa jangan naik sepeda motor itu bahaya," ujar Budi Karya saat ditemui di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Minggu (21/5/2017).

Terkait dengan upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas saat mudik, Menteri Perhubungan telah menyediakan angkutan mudik gratis bagi sepeda motor dengan menggunakan bus, kapal, dan kereta api pada mudik 2017.

Angkutan mudik gratis disediakan oleh Kementerian Perhubungan dengan menggandeng sejumlah pihak. Jumlah kursi yang disediakan mencapai 208.000 orang.

"Pokoknya jangan kendarai sepeda motor (untuk mudik). Sepeda motor dalam kota saja," kata Menhub.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan angkutan sepeda motor bagi pemudik. Kuota yang disediakan mencapai 44.721 unit motor.

Pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan secara online maupun secara langsung disejumlah tempat di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pendaftaran secara online dan offline di mulai hari ini yakni 18 Mei hingga 16 Juni 2017. Pendaftaran online bisa dilakukan di GOR Bulungan Blok M dan di Kantor Dishub Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Adapun mudik gratis bagi pemudik sepeda motor menggunakan moda transportasi laut dimulai pada 29 Mei hingga 2 hari sebelum pemberangkatan. Pendaftarannya hanya bisa secara online.

Sementara itu, mudik gratis bagi pemudik sepeda motor menggunakan kereta api pendaftaran online sudah dimulai sejak 15 Februari hingga 14 Juni 2017.

Pendaftaran offline mudik gratis menggunakan kereta api sudah ditutup pada 16 April 2017. Adapun persyaratan pendaftaran meliputi: sepeda motor harus dalam keadaan orisinil, membawa STNK dan SIM, tidak boleh ada modifikasi kendaraan, tidak boleh ada box samping dan belakang, tanki bensin harus dalam keadaan kosong, dan kondisi motor layak jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.