Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Bensin Selama Mudik Lebaran Diprediksi Naik 9,7 Persen

Kompas.com - 22/05/2017, 19:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Pertamina (Persero) memprediksikan konsumsi bahan bakar bensin yakni, Premium dan Pertamax series pada mudik Lebaran 2017 akan meningkat 9,7 persen dari rata-rata konsumsi harian. Pertamina Dex Series diprediksikan naik rata-rata 10 persen dibandingkan konsumsi rata-rata konsumsi harian.

Adapun untuk Bio Solar diprediksi akan mengalami penurunan 9 persen dibandingkan rata-rata harian.

"Sedangkan Pertalite naik 15 persen dari konsumsi hari biasa atau 45.135 kiloliter, karena mobilisasi dari jakarta ke luar kota akan cari produk yang kualitasnya lebih baik. Pertamax juga tetap naik 10 persen yakni sebesar 19.147 kiloliter," ujar Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar menjelaskan, Iskandar di Kantor Pertamina Pusat Jakarta, Senin (22/6/2017).

"Untuk kerosene atau minyak tanah akan naik 3 persen atau 1.657 kiloliter," kata dia.

Iskandar menambahkan, wilayah yang konsumsi bahan bakarnya bakal mengalami kenaikan yang cukup besar adalah Jawa Tengah yakni sebesar 26 persen dibandingkan konsumsi rata-rata harian. Pulau Sumatera juga akan mengalami kenaikan cukup tinggi yakni 22,7 persen dibandingkan konsumsi rata-rata harian.

"Sumatera naik karena ada budaya mudik bersama. Ini juga ditopang oleh Lampung, karena di situ pusat penyeberangan, peningkatan konsumsinya mencapai 17 persen," imbuh dia.

"Di Jateng prediksi kita masih akan terjadi kenaikan, karena hiruk pikuk kemacetan arus mudik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat atau Jawa Timur. Penumpukan jalur mudik akan terjadi di Jateng. Sehingga di sana kita siapkan antisipasi peningkatan bbm cukup besar," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com