Lebaran 2017, Pemudik Pakai Pesawat Diprediksi 5,5 Juta Orang

Kompas.com - 26/05/2017, 21:02 WIB
Coffee morning bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso (tengah, pakai batik biru), Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Novie Riyanto (kiri Agus), dan petinggi lainnya, di Gedung Airnav, Tangerang, Banten, Jumat (26/5/2017). Kompas.com/Kurnia Sari AzizaCoffee morning bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso (tengah, pakai batik biru), Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Novie Riyanto (kiri Agus), dan petinggi lainnya, di Gedung Airnav, Tangerang, Banten, Jumat (26/5/2017).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan pesawat pada arus mudik Lebaran 2017 ini diprediksi mencapai 5,5 juta orang. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, jumlah itu melebihi jumlah penumpang pada arus mudik 2016 yang sebanyak 4,9 juta orang.

"Jadi, (penumpang diprediksi) naik sekitar 9,75 persen dari tahun kemarin," kata Agus, kepada wartawan, di Gedung Airnav, Tangerang, Banten, Jumat (26/5/2017).

Prediksi jumlah penumpang ini dihitung selama 16 hari yakni 7 hari sebelum Lebaran, 2 hari saat Lebaran, dan 7 hari setelah Lebaran. Selama 16 hari tersebut, sebanyak 532 pesawat dari 14 perusahaan maskapai akan melayani penumpang ke 35 bandara domestik dan 7 bandara internasional.

(Baca: 532 Pesawat Akan Layani Penerbangan Selama Arus Mudik dan Arus Balik)

"Walaupun (diprediksi ada) 5,5 juta penumpang, kami sudah menyiapkan seat sebanyak 5,75 juta. Jadi sebenarnya ada over (kelebihan) atau spare seat yang tidak terpakai," kata Agus. Agus menjelaskan, 532 pesawat ini juga akan melayani extra flight.

Kemenhub melakukan ramp check atau uji kelaikan pada 532 pesawat ini sebelum melayani arus mudik dan balik. Hingga kini, sebanyak 510 pesawat sudah dilakukan ramp check. Adapun 22 pesawat sisanya akan diuji kelaikannya hingga Sabtu (27/5/2017).

Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Novie Riyanto menjelaskan instansinya akan membangun posko monitoring angkutan Lebaran 2017 AirNav Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Posko yang akan beroperasi selama 24 jam itu terletak di Jalan M2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

"Tujuan utama pendirian posko untuk memastikan kelancaran pelayanan navigasi penerbangan Lebaran 2017, dengan melakukan koordinasi bersama stakeholder terkait," kata Novie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.