Cek Kesiapan Arus Mudik, Menhub Sidak Terminal Kalideres

Kompas.com - 27/05/2017, 19:00 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melalukan sidak ke Terminal Kalideres guna memastikan kesiapan menghadapi arus mudik 2017, Sabtu (27/5/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melalukan sidak ke Terminal Kalideres guna memastikan kesiapan menghadapi arus mudik 2017, Sabtu (27/5/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memastikan kesiapan arus mudik Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (27/5/2017).

Sidak tersebut dilakukan tepat di hari pertama puasa, sesampainya di Terminal Kalideres, Menhub langsung meninjau tempat pembelian tiket bus antar kota antar provinsi.

Menhub Budi Karya juga sempat berkomunikasi dengan beberapa calon penumpang bus yang sedang menunggu keberangkatan bus di ruang tunggu terminal.

"Mau ke mana ibu? Lebih enak naik kereta atau bus? Bayar harga tiket berapa?" tanya Menhub Budi Karya kepada salah satu penumpang.

Sri Sundari menuturkan, dirinya akan kembali ke kampung halammnya di Purwodadi, Jawa Tengah.

"Kadang naik kereta juga pak, tapi ini sudah Rp 225.000 tiket (kereta). Jadi naik bis, Rp 185.000," jelasnya.

Kemudian, dalam sidak tersebut Menhub Budi Karya juga melakukan pengecekan secara acak mulai dari surat-surat izin bus yang akan melayani arus mudik, hingga pengecekan fisik dan kelaikan bus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hari ini saya dan Dirjen Perhubungan Darat sengaja melakukan kunjungan ke Teminal Kalideres untuk melihat persiapan Lebaran, dan dari apa yang kami lihat dan dari apa yang kami amati dari kendaraan sudah baik dan rata-rata bus sudah memiliki uji kir," papar Menhub.

Menhub mengaharapkan, baik dari pengelola terminal yakni Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan Perusahaan Otobus untuk mempersiapkan diri guna menghadapi musim mudik 2017.

Menurutnya, berbagai pemangku kepentingan perlu melakukan sinergitas antar lembaga agar mudik tahun ini bisa berjalan dengan baik, aman, dan lancar. 

(Baca: Menhub Minta Kapal Penyebarangan Merak-Bakauheni Diremajakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.