Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Tambah Stok Elpiji di Wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara

Kompas.com - 29/05/2017, 13:47 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V memastikan pasokan elpiji di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara selama bulan Ramadan dalam kondisi aman.

"Kami juga telah menyiapkan penambahan LPG sebesar 15 persen di atas kebutuhan normal di bulan Ramadan," ujar Area Manager Communications & Relations, Heppy Wulansari, Senin (29/5/2017).

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, selama bulan Puasa hingga Lebaran, konsumsi elpiji mengalami peningkatan.

“Peningkatan ini biasanya karena ada tradisi syukuran sebelum memasuki Ramadan, lalu peningkatan aktivitas di industri kecil, hingga aktivitas memasak di rumah tangga," jelasnya.

Penambahan elpiji sebanyak 15 persen itu dinilai sudah sangat cukup untuk memenuhi peningkatan permintaan selama Ramadan hingga hari raya nanti.

"Kami rasa penambahan tersebut sudah cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat," tambah Heppy.

Dari data Pertamina, dengan penambahan 15 persen tersebut, volume elpiji 3 Kg yang disalurkan Pertamina MOR V untuk wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara pada bulan Mei ini mencapai 127.220 metrik ton atau sekitar 42.409.667 tabung.

Selain elpiji subsidi 3 kg, Pertamina juga meningkatkan stok elpiji non subsidi kemasan 12 kg dan 5,5 kg Pertamina sebesar 2 persen di atas konsumsi normal.

Dalam kesempatan itu, Heppy juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan aspek keselamatan penggunaan elpiji selama Ramadhan. Ini mengingat, biasanya saat bangun sahur masih dalam kondisi mengantuk.

"Kami ingatkan kembali kepada masyarakat untuk memperhatikan aspek safety dalam penggunaan LPG, pada tabung ada petunjuk penggunaan di stiker tabung LPG," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com