Kompas.com - 31/05/2017, 14:47 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara mengembangkan udang jenis baru yaitu Penaeus Merguensis atau udang putih.

Rencananya, KKP akan menginisiasi pengembangan udang putih ini dan akan diangkat sebagai komoditas unggulan baru dalam bisnis perudangan nasional.

"Apalagi ini merupakan udang asli Indonesia, sehingga kami punya tanggungjawab untuk mempertahankan keragaman jenis udang lokal Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dalam keterangan persnya di Jepara, Selasa (22/5/2017).

Saat ini, bisnis perudangan nasional masih didominasi oleh jenis udang vaname dan udang windu. Data mencatat selama kurun waktu 5 tahun terakhir, produksi udang nasional mengalami kenaikan rata-rata sebesar 13,48 persen.

Menurut Slamet, induk udang putih hampir tersedia di seluruh wilayah perairan Indonesia. Hal ini tentu memudahkan KKP untuk mengembangan komoditas ini.

Produksi udang putih juga dinilai memiliki kelebihan. Misalnya, siklus reproduksinya relatif singkat yakni umur 6 bulan atau pada ukuran berat 30-40 gram dapat dijadikan indukan. Sementara itu udang udang windu membutuhkan waktu lebih lama untuk dijadikan indukan yakni sekitar 1,5 tahun.

Keunggulan lain yakni pertumbuhan yang relative baik dengan mengandalkan kadar protein pakan yang rendah yaitu pada kisaran 24-28 persen. Dengan begitu maka biaya produksi akan lebih efisien.

Kepala BBPBAP Jepara, Sugeng Rahardjo menyampaikan bahwa kapasitas produksi hatchery yang ada mampu menyediakan sebanyak 18 juta ekor benur per tahun. Saat ini pihaknya memiliki 18 bak dengan kapasitas produksi per bak mencapai 300.000 benur per siklus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.