Di Jember, BI Siapkan Uang NKRI Baru Sebanyak Rp 4,4 Triliun

Kompas.com - 31/05/2017, 17:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JEMBER, KOMPAS.com - Untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap uang pecahan baru, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember, Jawa Timur, menyiapkan uang NKRI baru tahun emisi 2016 sebanyak Rp 4,4 Triliun.

"Kami siapkan uang pecahan baru sebanyak itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Lima Kabupaten, yakni Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi," ungkap Deputi Kepala Perwakilan BI Jember, Ferry Tumpal D Saribu, Rabu (31/5/2017).

Permintaan uang baru di tahun 2017 ini, jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, terjadi peningkatan cukup signifikan.

"Tahun 2016 lalu, kami menyiapkan sebanyak Rp 3,8 Triliun, sedangkan di tahun ini kita siapkan sebanyak Rp 4,4 Triliun. Ada kenaikan sebanyak 15 persen atau sekitar Rp 683 miliar," ungkapnya.

Untuk penukaran? uang pecahan baru, kata Ferry, masyarakat bisa melakukan penukaran di bank-bank umum atau di kas- kas keliling yang telah disiapkan Bank Indonesia.

"Silahkan masyarakat melakukan penukaran di tempat yang telah ditentukan," pungkasnya.

(Baca: Uang NKRI Baru Jarang Ada di ATM, Ini Penjelasan Bank Mandiri)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.