Ini Lokasi Penukaran Uang Tunai di Luar Jakarta

Kompas.com - 03/06/2017, 21:02 WIB
Warga antusias menukarkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga antusias menukarkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah menyediakan layanan penukaran uang tunai untuk kebutuhan masyarakat selama periode bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Di DKI Jakarta, lokasi penukaran uang tunai dapat dijumpai di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi menjelaskan, kegiatan penukaran uang tunai untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran sudah dimulai sejak 22 Mei 2017 lalu.

Sebanyak 13 bank akan bergabung dalam kegiatan tersebut di Monas mulai 5 Juni 2017 mendatang. Selain itu, kegiatan penukaran uang tunai juga dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

Suhaedi mengungkapkan, lokasi yang dipilih adalah landmark alias lokasi yang mudah dikenali dan dijumpai masyarakat serta menjadi ciri khas. Lokasi penukaran uang antara lain di Tugu Juang di Lampung.

Selain itu, penukaran uang juga dilayani di Lapangan Puputan di Bali dan Masjid Islamic Center di Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam. Di Kalimantan Timur, layanan penukaran uang dilakukan di GOR Segiri. Di Medan, Sumatera Utara, bank sentral melayani penukaran uang di Lapangan Banteng dan di Bandung, Jawa Barat, dilakukan di Alun-alun.

"Penukaran uang di berbagai instansi antara lain dapat dijumpai di Gedung DPR/MPR, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Kota," jelas Suhaedi di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Di samping itu, bank sentral juga melakukan kas keliling ke pasar, stasiun kereta api, posko mudik, dan sebagainya. Dengan demikian, masyarakat di berbagai wilayah dapat melakukan penukaran uang tunai untuk memenuhi kebutuhan di Hari Raya.

Penukaran uang tunai juga dilayani di Kantor Perwakilan (KPw) BI di setiap provinsi. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan kegiatan penukaran uang tunai di kantor cabang bank terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.