Per 1 Juni, Harga BBM di 12 Daerah Ini Setara Jabodetabek

Kompas.com - 06/06/2017, 04:01 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 1 Juni 2017 harga bahan bakar minyak (BBM) di 12 daerah akan sama dengan harga BBM di Jabodetabek.

"Harga BBM di 12 daerah tersebut sebelumnya antara Rp 8.000-Rp 18.000 per liter," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Kementerian ESDM, Sujatmiko, melalui siaran pers, Minggu (4/6/2017).

Per 1 Juni 2017, harganya menjadi Rp 6.450 per liter untuk Premium (BBM Khusus Penugasan), dan Rp 5.150 per liter untuk Solar. Harga tersebut berlaku di SPBU Pertamina.

Menurut Sudjatmiko, Kementerian ESDM merencanakan program BBM satu harga, akan dibangun lembaga penyalur BBM di 150 titik pada 148 kabupaten. Sebanyak 54 titik akan dibangun pada tahun 2017, 50 titik tahun 2018, dan 46 titik di tahun 2019.

“Untuk tahun 2017, dari rencana sebanyak 54 titik, per tanggal 1 Juni 2017 telah beroperasi sebanyak 12 titik di 12 kabupaten. Bahkan pertengahan atau akhir Juni bisa bertambah lagi. BBM satu harga berjalan efektif dan terus mengalami kemajuan,” ungkap Sudjatmiko.

Seperti dilansir dari setkab.go.id, sebanyak 12 daerah tersebut yakni:
1. Kec. Pulau-pulau Batu, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara;
2. Kec. Siberut Tengah, Kab. Mentawai, Sumatera Barat;
3. Kec. Karimun Jawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah;
4. Kec. Raas, Kab. Sumenep, Jawa Timur ;
5. Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, NTB;
6. Kec. Waingapu, Kab. Sumba Timur, NTT;
7. Kec. Long Apari, Kab. Mahakam Hulu, Kalimatan Timur;
8. Kec. Wangi-wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara;
9. Kec. Moswaren, Kab. Sorong Selatan, Papua Barat ;
10. Kec. Morotai Utara, Kab. Morotai, Maluku Utara;
11. Kec. Distrik Paniai Barat, Kab. Paniai, Papua; dan
12. Kec. Jagoi Babang, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat

Seperti diketahui, program “BBM Satu Harga” di seluruh pelosok tanah air sebelumnya telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Yahukimo, Papua, pada 18 Oktober 2016 lalu.

Menurut Presiden, BBM satu harga akan merugikan pihak Pertamina. Namun program tersebut harus dilaksanakan untuk menghilangkan ketidaksetaraan harga BBM di pelosok nusantara.

(Baca: Kini 9 Wilayah di Pelosok Bisa Menikmati BBM Satu Harga)

Kompas TV Puluhan sopir angkutan umum di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, mengamuk di pom bensin yang tidak menjual bensin jenis premium.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.