Ini Pilihan Penerbangan Umrah Usai Qatar Airways Tutup Jalur ke Saudi

Kompas.com - 06/06/2017, 06:45 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan manajemen Qatar Airways menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi akibat krisis diplomatik bisa berdampak kepada jamaah umrah Indonesia.

Namun bagi Anda yang sudah memiliki rencana umrah tak perlu khawatir lantaran melimpahnya opsi penerbangan umrah selain Qatar Airways. Mau penerbangan langsung (direct flight) atau transit pun ada.

"Pilihan (terbang ke Arab Saudi) masih banyak," ujar Pengamat penerbangan Gerry Soejatman kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (5/6/2017) malam.

Garuda Indonesia misalnya, sudah memiliki rute penerbangan langsung (tanpa transit) dari beberapa kota di Indonesia ke Jeddah atau Madinah.

Ada juga opsi lain seperti Lion Air dan Citilink yang sudah membuka penerbangan ke Jeddah. Sementara untuk maskapai asing tutur Gerry, pilihan sangat banyak.

Misal, ada Saudi Airlines dengan penerbangan langsungnya atau maskapai lain yang harus transit mulai dari Emirates via Dubai, Etihad via Abu Dhabi, Malaysia Airlines via Kuala Lumpur.

"Bahkan, Turkish Airlines via Istanbul yang muter jauh saja juga lumayan laku," kata Gerry.

Ia sendiri menilai keputusan manajemen Qatar Airways menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi akan berimbas kepada jamaah umrah, biro perjalanan umrah, hingga tenaga kerja Indonesia (TKI).

Sebab penerbangan Qatar Airways menjadi salah satu favorit jamaah umrah dan tenaga kerja Indonesia (TKI) menuju Arab Saudi.

(Baca: Penerbangan Saudi-Qatar Tutup, Jamaah Umroh Hingga TKI Kena Getahnya)

Sebelumnya, manajemen Qatar Airways, menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi menyusul krisis diplomatik di kawasan Teluk.

Langkah ini diambil beberapa jam setelah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang dituduh mendukung ekstremisme.

(Baca: Qatar Airways Batalkan Semua Penerbangan ke Arab Saudi)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.