5 Berita Populer Ekonomi: Saldo Rekening Wajib Lapor Vs UMKM, hingga Arab Saudi vs Qatar yang Kian Panas

Kompas.com - 07/06/2017, 06:30 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya tensi di Timur Tengah, terutama antara Arab Saudi dengan Qatar, menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para investor di dunia. Pola ketidakpastian ini diikuti dengan menurunnya yield untuk tresuri di AS serta anjloknya dollar.

Ketidakpastian geopolitik membuat para investor lebih suka mengkoleksi emas dan yen sebagai safe haven ketimbang aset berisiko. Walaupun begitu, harga minyak kembali meningkat pasca turun 1 persen.

Pertanyaan yang saat ini muncul adalah, hubungan antara Arab Saudi dan Qatar memanas. Qatar Airways tidak bisa terbang ke mana-mana ke sejumlah negara Teluk yang mengikuti jejak Arab Saudi. Lantas mengapa kita semua harus waspada mengenai hal ini?

Di dalam negeri, saldo rekening wajib lapor mulai Rp 200 juta dinilai merugikan UMKM. Bahkan, UMKM merasa petugas pajak sengaja membidik mereka. Benarkah demikian?

Berikut 5 berita populer di ekonomi Kompas.com di Selasa (6/6/2017) yang layak untuk Anda cermati kembali hari ini.

1. Ini Dampak Ditutupnya Penerbangan Qatar Airways ke Saudi

Manajemen Qatar Airways menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi akibat krisis diplomatik sejumlah negara di Kawasan Teluk.

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman menilai, keputusan salah satu maskapai elit Timur Tengah itu akan berimbas kepada jamaah umrah asal Indonesia. Pasalnya, Qatar Airways terbang 3 kali sehari (Jakarta-Doha).

Keputusan Qatar Airways itu akan membuat tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi pusing. Sebab selama ini banyak TKI yang memilih penerbangan Qatar Airways untuk pulang ke Indonesia. Apalagi sudah dekat Lebaran.

Selengkapnya baca di sini: Penerbangan Saudi-Qatar Tutup, Jemaah Umrah hingga TKI Kena Getahnya 

Baca juga: Ini Pilihan Penerbangan Umrah Usai Qatar Airways Tutup Jalur ke Saudi

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.