Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakkan Perekonomian, Mentawai Genjot Produksi Lada

Kompas.com - 09/06/2017, 13:01 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, mulai melirik komoditas lada sebagai salah satu instrumen penggerak ekonomi daerah.

Untuk keperluan itu, Pemkab Mentawai melakukan riset budidaya lada di Desa Cambai, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami perlu melihat langsung, bagaimana proses budidaya lada dilakukan. Secara nasional, lada di Bangka merupakan sentra pengembangan,” kata Kepala Dinas Perkebunan Mentawai, Novriadi, Rabu (7/6/2017).

Daerah Kepulauan Bangka Belitung dijadikan lokasi studi Pemkab Mentawai, karena sudah terkenal sejak lama sebagai penghasil lada dunia dan telah mengantongi lisensi internasional, Muntok White Pepper.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelolaan, Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3L) Bangka Belitung, Zainal Arifin, mengatakan, selain untuk menggenjot produksi, budidaya lada dilakukan untuk mengantisipasi isu lingkungan.

“Dulu kami gunakan junjung dari kayu mati. Orang luar menilai itu merusak hutan karena tebang kayu buat lada. Kemudian kami diganti junjung hidup yang tahan lama dan kokoh,” paparnya.

Menurut Zainal, Indonesia saat ini berpotensi melakukan pengembangan karena tingginya permintaan lada dunia. “Ironisnya, dulu Vietnam belajar sama kita, sekarang justru mereka yang dominan. Pemerintah harus konsisten,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com