Banyak Permintaan Uang Rupiah Emisi 2016, Apa yang Dilakukan BI?

Kompas.com - 12/06/2017, 14:20 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari raya Idul Fitri, permintaan uang tunai mengalami tren meningkat sepanjang tahun. Hal ini sejalan dengan peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat untuk merayakan Lebaran.

Tahun ini diprediksi peningkatan kebutuhan uang tunai mencapai 17 persen. Permintaan akan uang rupiah tahun emisi tahun 2016 pun terus meningkat, lantaran masih banyak masyarakat yang penasaran dengan rupa uang baru tersebut.

Akan tetapi, kecenderungannya adalah uang rupiah tahun emisi 2016 belum dapat diperoleh dengan mudah. Lalu, bagaimana upaya yang ditempuh Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas pengedar uang rupiah?

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, bank sentral sudah mendistribusikan uang tunai untuk kebutuhan Lebaran ke seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, BI juga bekerja sama dengan 600 titik kantor bank untuk menyediakan layakan penukaran uang.

"Bagi masyarakat yang ingin menukar uang bisa di 600 titik yang disiapkan perbankan," ujar Agus di kantornya di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Terkait peredaran uang rupiah tahun emisi 2016 yang belum terlalu mudah diperoleh masyarakat, Agus menyatakan bank sentral tentu akan mempersiapkannya dan mengedarkannya kepada masyarakat. Akan tetapi, hal ini dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, imbuh Agus, pada saat uang rupiah tahun emisi 2016 diedarkan kepada masyarakat, tidak ada penarikan uang rupiah tahun emisi sebelumnya. Dengan kata lain, tidak dilakukan penarikan khusus terhadap uang rupiah yang telah lebih dahulu beredar.

"Semua uang yang beredar masih resmi beredar, tidak ada penarikan khusus. Jadi itu dilakukan secara bertahap," jelas Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.