Tarik Tunai Di Atas Rp 100 Juta, Nasabah Harus Perhatikan Hal-hal Ini

Kompas.com - 12/06/2017, 16:04 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Perampokan yang menyebabkan bos roti panggang, Davidson, tewas di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat beberapa waktu lalu, membuat nasabah harus semakin berhati-hati ketika menarik tunai uang dalam jumlah besar.

Perampok mengambil uang sebesar Rp 350 juta dan menembak kepala Davidson, yang rencananya akan memberi gaji untuk para pegawainya.

Direktur Consumer Banking Bank Tabungan Negara (BTN) Handayani menjelaskan, nasabah seharusnya dapat memberitahu bank sebelum menarik tunai dalam jumlah banyak.

"Kalau ingin menarik tunai di atas Rp 100 juta di BTN misalnya, harus ada laporan detailnya," kata Handayani, kepada wartawan, di Menara BTN, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2017).

Handayani menyarankan, nasabah memberitahu bank, paling lambat dua hari sebelum penarikan tunai. Dengan demikian, bank dapat mempersiapkan uang tunai dan memberi bantuan personel keamanan atau pengamanan dari kepolisian.

"Kami, BTN juga mempersiapkan pengawalan dan itu service yang kami provide kepada nasabah. Dengan syarat, nasabah juga harus memberi notifikasi kepada kami dari jauh-jauh hari (untuk mengambil uang tunai dalam jumlah besar)," kata Handayani. Personel keamanan dari bank akan mengawal nasabah hingga ke tempat tujuan.

Di sisi lain, dia menyarankan transaksi dalam jumlah besar sebaiknya dilakukan dengan sistem non tunai. Seperti transfer rekening antar bank atau melalui media digital lainnya.

"Kami melihat, kalau bisa transfer, kenapa harus ambil tunai? Kami sarankan kepada nasabah, sebaiknya menggunakan transaksi cashless. Karena lebih aman dan praktis," kata Handayani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.