Rumah Zakat Bersama HSBC Bangun 7 Titik Desa Berdaya

Kompas.com - 13/06/2017, 14:36 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Zakat bersama PT Bank HSBC Indonesia membangun tujuh titik Desa Berdaya sebagai upaya membantu peningkatan potensi desa di Indonesia,

Adapun titik-titik desa berdaya tersebut yaitu Desa Pejaten Timur Jakarta Desa Mekarsari Bandung Desa Tamanan Yogyakarta, Desa Margorejo Surabaya, Desa Sidorejo Hilir Medan, Desa Maccini Raya Makassar, dan Desa Banjar Serasan Pontianak.

Berdasarkan informasi kemiskinan dari Kementrian PPN/Bappenas persentase penduduk miskin di daerah perkotaan pada September 2015 sebesar 8,22 persen, turun menjadi 7,79 persen pada Maret 2016. Sementara persentase penduduk miskin di daerah perdesaan naik dari 14,09 persen pada September 2015 menjadi 14,11 persen pada Maret 2016.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi menuturkan tingkat kemiskinan di Indonesia semakin berkurang, namun dalam empat tahun terakhir, jumlah penduduk miskin masih relatif berfluktuasi.

"Fokus perlu dilakukan  untuk secara konsisten menurunkan tingkat kemiskinan dan jumlah  penduduk miskin secara bersama-sama,” ungkap Nur Efendi dalam keterangan resminya, Selasa (13/6/2017).

Menurut dia, dengan hadirnya program Desa Berdaya tersebut, diharapkan bisa berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia.

“Desa Berdaya merupakan sebuah pendekatan komprehensif agar masyarakat di sebuah desa bisa menanggulangi permasalahan sekaligus memperbaiki akses maupun layanan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan,” lanjut Nur Efendi.

Sementara itu, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia Nuni Sutyoko, menjelaskan Berdayanya masyarakat desa merupakan salah satu faktor pendorong percepatan ekonomi.

"Kami ingin menjadi bagian dari pertumbuhan Indonesia yang memiliki potensi begitu besar. Untuk itu sinergi pembangunan masyarakat yang berkelanjutan menjadi agenda utama kami dalam program kemasyarakatan kami. Inilah yang menjadi landasan kerjasama program Desa Berdaya,” ujar dia.

Sejauh ini Rumah Zakat telah membina 800 Desa Berdaya di 129 kota dan kabupaten di Indonesia. Tahun ini, lembaga tersebut menargetkan bisa memberdayakan 1.080 desa di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.