Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bahan Pokok Kini Melandai, Mendag pun Puji Mentan

Kompas.com - 15/06/2017, 12:44 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

CILEGON, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Kamis (15/6/2017), melakukan kunjungan kerja ke Pasar Kranggot Baru, Cilegon, Banten. Kunjungan Mendag kali ini memantau harga pangan di pasar tersebut.  

Usai memantau, Mendag Enggartiasto menyimpulkan bahwa harga pangan saat ini relatif stabil, bahkan cenderung turun. Dia mengungkapkan, pada harga gula yang telah sesuai dengan Harga Eceran Tetap sebesar Rp 12.500 per kilogram.  

"Gula Rp 12.500 per kiogram sudah berlaku tercapai di sini. Yang luar biasa minyak goreng curah HET Rp 10.500 per liter  di sini Rp 10.000 per liter. Jadi lebih rendah," ujar Mendag Enggartiasto. 

Pria yang akrab disapa Enggar ini menuturkan, kestabilan harga juga terjadi pada bahan sayur-mayur seperti bawang putih, bawang merah, dan lainnya. Sementara itu, terang dia, harga beras juga relatif stabil. 

"Bawang putih turun Rp 30.000 per kilogram. Bawang merah juga Rp 30.000 per kilogram. Kalau beras pasokan berlebih lebih dari 3,2 juta ton tidak ada persoalan. Dan harga beras yang paling Rp 8000 per liter. Itu menunjukaan pasokan berlebih, harga terkendali," jelas dia.

Meski demikian, Enggar merasa khawatir pada harga telur ayam. Saat ini, harga telur ayam di pasar sebesar Rp 18.000 per kilogram, padahal HET yang ditentukan sebesar Rp 22.000 per kilogram.

"Harga telur  saya stres dikisaran Rp 20.000 per kilogram. Saya minta dari peternak harga Rp 18.000 per kilogram, tetapi ini ambil dari pengepul mata rantai kedua dan ketiga sudah Rp 18.000 per kilogram," imbuh dia. 

Mendag Enggartiasto menambahkan, harga bahan pokok stabil ini merupakan hasil kerja keras dari pemangku kepentingan terkait tidak terkecuali Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Dalam hal ini, Mendag meminta kepada kepala daerah untuk selalu memantau pasokan bahan pangan, agar harga bisa terkendali.

"Harga sekali lagi kita saksikan stabil malah cenderung turun. Dan itu semua berkat kerjas keras Pak Mentan, tetapi pengedalian harga setiap daerah tergantung kepala daerah," pungkas dia. 

(Baca: Kontrol Harga Bahan Pokok, Pemerintah Libatkan Pedagang)

Kompas TV Jokowi Hadiri Acara Berbagi Ratusan Paket Bahan Pokok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com