Jonan Instruksikan PLN Jaga Kebutuhan Listik di Daerah Pariwisata

Kompas.com - 15/06/2017, 15:01 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorAprillia Ika

DEPOK, KOMPAS.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta kepada PLN untuk fokus mengantisipasi kebutuhan pasokan listrik di daerah-daerah pariwisata yang tersebar di dalam negeri.

"Bali naik komsumsi listriknya. Juga sebagian kawasan wisata di Jawa Tengah dan Jawa Barat serta Jawa Timur," kata Jonan di Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa-Bali Gandul, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017).

Sebab, kata mantan Menteri Perhubungan tersebut, daerah-daerah pariwisata itu akan dipenuhi oleh masyarakat yang mudik, atau pulang kampung untuk plesiran.

"Jadi mereka pulang kampung dan juga berpariwisata. Ini memang PLN akan fokus karena permintaan listriknya pasti naik," kata Jonan.

Terlebih, kata Jonan pada Idul Fitri 1438 Hijriyah mendatang rata-rata konsumsi listrik secara nasional akan berkurang. Alasannya, banyak industri yang tiap harinya menjadi konsumen listrik dengan daya besar meliburkan operasinya.

"Secara keseluruhan turun, terutama di wilayah-wilayah industri. Jawa Barat dan Sumatera sebagian itu turun. Beban pembangkit menurun namun secara kesiagaan harus meningkat," kata dia.

(Baca: Jonan: Subsidi Listrik untuk Pelanggan 900 VA Dicabut agar PLN Lebih Efisien)

Kompas TV Pengusaha Ritel Minta Subsidi Listrik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.