Kompas.com - 15/06/2017, 15:05 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve baru saja menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR). Dengan demikian, saat ini suku bunga FFR berada pada kisaran 1 sampai 1,25 persen.

Kenaikan suku bunga acuan AS tersebut sudah diantisipasi oleh banyak pihak. Pasalnya, dalam berbagai kesempatan, The Fed sudah mengomunikasikan rencana kenaikan tersebut dengan baik.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, kenaikan FFR sebesar 25 basis poin sudah diantisipasi. Dengan demikian, diharapkan kenaikan FFR tersebut tidak memberikan dampak yang mengejutkan.

"Sudah diantisipasi oleh pemerintah, Bank Indonesia (BI), maupun pengusaha dalam hal ini," kata Sri di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Sri mengungkapkan, hal yang harus dilihat selanjutnya adalah rekomendasi berupa bagaimana perkembangan ekonomi AS.

Dengan demikian, dapat terlihat bagaimana pola kenaikan FFR, apakah akan tetap sama atau lebih melambat bahkan dipercepat.

"Itu untuk kita antisipasi, tetapi kenaikan yang sekarang sudah diantisipasi," jelas Sri.

Dalam konferensi persnya, The Fed menyatakan prospek pertumbuhan ekonomi AS cenderung membaik, dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2,2 persen pada tahun 2017.

Adapun inflasi juga diperkirakan bergerak menuju kisaran target The Fed, begitu pula dengan serapan tenaga kerja.

(Baca: The Fed Naikkan Suku Bunga, Bagaimana Suku Bunga Acuan BI?)

Kompas TV Bunga Fed Naik, Rupiah dan Saham Tetap Melaju

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.