Periode Puasa dan Lebaran 2017, BI Prediksi Inflasi Juni 0,5 Persen

Kompas.com - 16/06/2017, 18:34 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Pramdia Arhando JuliantoGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Periode bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri identik dengan tren peningkatan konsumsi masyarakat, sehingga inflasi akan terkerek naik. Akan tetapi, Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi pada Juni 2017 tetap terkendali.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, inflasi indeks harga konsumen (IHK) bulan Juni 2017 akan mencapai 0,5 persen. Ini berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan bank sentral hingga pekan kedua Juni 2017.

Dengan demikian, inflasi secara tahunan (year on year/yoy) diprediksi mencapai 4,36 persen hingga akhir tahun. Menurut Agus, angka ini lebih baik dibandingkan proyeksi sebelumnya yang mencapai 4,63 persen (yoy).

"Di kajian kami kemarin kami melihat bahwa baseline kami untuk inflasi menunjukkan kondisi yang baik, karena sebelumnya kami perkirakan 4,63 persen, sekarang 4,36 persen," kata Agus di kantornya di Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Agus menyatakan, pihaknya menghargai upaya yang dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menjaga inflasi.

Pantauan BI, inflasi dalam keadaan aman karena pasokan barang di seluruh Indonesia terjaga dengan baik. Dengan demikian, imbuh Agus, bank sentral meyakini inflasi pada periode Ramadhan dan Idul Fitri ini akan terjaga pula. Pun ia meyakini seluruh pemangku kepentingan berupaya menjaga inflasi.

"Kami lihat inflasi terjaga, pasokan terjaga, distribusi terjaga," ujar Agus. Dengan demikian, inflasi pada bulan Juni 2017 secara tahunan diproyeksikan mencapai 4,17 persen. Angka tersebut, imbuh Agus, maish sejalan dengan target sasaran inflasi BI, yakni 4 plus minus 1 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.