Kompas.com - 17/06/2017, 15:12 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak enam e-commerce atau pusat jual beli online melayani pembayaran zakat dan sedekah. Keenamnya adalah Tokopedia.com, Blibli.com, Elevania.com, Kaskus.co.id, MatahariMall.com, dan Ebaba.co.id.

Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi, dan Informasi Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Arifin Purwakananta mengatakan, pengembangan layanan dari Baznas ini untuk semakin memudahkan masyarakat dalam membayar zakat. Sebab, kata dia, selama ini masyarakat tak jarang kesulitan akses membayar zakat.

"Baznas bekerjasama dengan enam e-commerce besar untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia maupun di luar negeri agar merasa nyaman dan aman menunaikan zakatnya," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/6/2017).

Melalui layanan itu pula, masyarakat juga dapat menghitung zakat yang wajib dibayarkan. Pada bulan Ramadhan 1438 Hijriah, Baznas menargetkan 30 persen jumlah pengumpulan zakat berasal dari transaksi digital.

"Melihat perilaku masyarakat yang semakin gemar bertransaksi dengan cara digital, kami optimis dapat menghimpun 30 persen dari target Rp 6 triliun zakat nasional yang dikelola oleh Baznas pusat, Baznas provinsi, Baznas kabupaten/kota, dan juga Lembaga Amil Zakat (LAZ) resmi di Indonesia," kata Arifin.

(Baca: Rumah Zakat: Masyarakat Lebih Suka Membayar Zakat Secara "Online")

Dengan pengumpulan zakat ini diharapkan dapat melayani banyak mustahik atau golongan penerima zakat. Arifin menyebut, Baznas berkomitmen mengentaskan kemiskinan melalui pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang terukur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.