Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Tambah Fasilitas Pengisian BBM di Sepanjang Jalur Mudik

Kompas.com - 20/06/2017, 10:09 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menambah sejumlah fasilitas di sepanjang jalur mudik, terutama di Pulau Jawa selama masa Lebaran 2017.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito menjelaskan, salah satu fasilitas yang disediakan adalah pendirian kios dalam bentuk tenda serta mobil tangki yang telah dilengkapi flow meter di sejumlah titik kemacetan jalur mudik, mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2017.

Kios Pertamina yang menjual BBM itu didirikan di 36 titik. Produk yang dijual antara lain Pertamax, Dexlite, dan Pertamina Dex dengan harga produk sama dengan harga jual di SPBU.

"Jadi persiapan kami sudah dari kemarin, sudah ada (mendirikan) kios kemudian (menyiapkan) mobil tangki. Sudah ada diposisinya masing masing," kata Adiatma, kepada wartawan, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017) malam.

Dia menjelaskan, Pertamina tidak akan menambah jumlah SPBU di sepanjang jalur mudik. Melainkan dengan menyediakan mobil tangki dispenser.

"Jadi pemudik bisa melihat meternya di situ. Dengan tingkat safety yang sudah kami persiapkan, dan ini semua untuk kondisi darurat apabila kekurangan bahan bakar," kata Adiatma.

Dia mengimbau pemudik untuk mengisi penuh bensin sebelum berangkat mudik. Jika bensin masih ada setengah, Adiatma mengimbau pemudik tetap mengisi penuh bensinnya. Hal ini untuk menghindari kepadatan di SPBU.

Pemudik juga dapat menggunakan kontak center 1-500-000 untuk memandu ke SPBU terdekat. Pertamina juga menyediakan sepeda motor yang akan mengantarkan bahan bakar kemasan pada saat darurat.

Fasilitas lain yang disiapkan adalah Serambi Pertamax. Pertamina mendirikan Serambi Pertamax di 10 lokasi. Yakni di SPBU di Km 102 Tol Cipali, Rest Area Non-SPBU Km 228 Tol Cipali, Rest Area Non-SPBU Km 252 Tol Cipali, dan SPBU Coco 41.51201 di jalur Non Tol Batang.

Selain itu terdapat Serambi Pertamax di Rest Area Non-Tol SPBU di Km 22 Tol Bawean-Semarang, SPBU 4453128 di Banyumas, SPBU 445-139 di Kaligawe, SPBU 4452108 Muri-Tegal, SPBU 5461232 Tjiwie-Mojokerto, dan SPBU 4452216 di Bumi Ayu.

"Fasilitas yang terdapat di Serambi Pertamax seperti area istirahat, tempat bermain anak, nursing area, dining area dan fasilitas charging. Selain itu terdapat mushola, tempat wudhu, dan toilet," kata Adiatma.

Di sisi lain, pemudik juga dapat membayarkan zakat mereka di SPBU. Pertamina telah bekerja sama dengan beberapa lembaga zakat seperti Darul Quran, Al Azhar, Rumah Zakat, Baznas, dan Nurul Hayat.

SPBU akan menerima zakat infaq dan sedekah (ZIS) selama periode 20 Juni hingga 24 Juli 2017. "Ini untuk mempermudah umat muslim menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah konsumen di SPBU," ujar Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com