Kompas.com - 21/06/2017, 04:30 WIB
Konferensi pers Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) di Plaza Mandiri, Selasa (20/6/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANKonferensi pers Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) di Plaza Mandiri, Selasa (20/6/2017).
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Desember 2016 lalu, empat bank pelat merah yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) meresmikan sinergi ATM Link atau ATM Merah Putih.

Dengan demikian, nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bisa menggunakan satu mesin ATM secara bersama.

Dengan bergabungnya sistem operasi ATM keempat bank BUMN tersebut, siapa yang kemudian mengelola dan mengoperasionalkan?

Bank Indonesia (BI) telah memberikan izin kepada PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN) untuk mengoperasikan dan mengelola seluruh jaringan ATM dan EDC Link.

“PT Jalin Pembayaran Nusantara sudah dapat izin BI," ujar Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementerian BUMN Gatot Trihargo dalam konferensi pers di Plaza Mandiri, Selasa (20/6/2017).

Menurut Gatot, PT JPN akan mulai beroperasi secara aktif pada bulan Januari 2018 mendatang. BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri pun saat ini tengah melakukan transisi pengelolaan ATM kepada PT JPN.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eny V Panggabean menyatakan, kehadiran PT JPN diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, efisiensi transaksi secara nasional juga dapat terwujud. “Kami berharap dengan diberikan izin PT JPN dari kami sebagai otoritas di sistem pembayaran, akan meningkatkan efisiensi nasional, karena itu yang jadi tujuan utamanya,” ungkap Eny.

Per Juni 2017, jumlah jaringan ATM Link sudah mencapai sekitar 15.000 unit ATM. Hingga akhir tahun 2017, Himbara menargetkan jumlah ATM Link mencapai 30.000 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.