Cegah Antrean Panjang Kendaraan Masuk Rest Area, Ini Langkah Jasa Marga

Kompas.com - 22/06/2017, 20:57 WIB
Suasana parking bay di JTF Pemalang-Batang, di Desa Bojong, Pekalongan, Jawa Tengah pada H-7 lebaran. Kompas.com/Ari HimawanSuasana parking bay di JTF Pemalang-Batang, di Desa Bojong, Pekalongan, Jawa Tengah pada H-7 lebaran.
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan kemacetan di jalan tol salah satunya terjadi karena mengularnya pemudik yang ingin masuk ke rest area.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pada periode mudik lebaran kali ini, pihak Jasa Marga telah menambah rest area tanpa tempat makan atau parking bay di tol Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci.

(Baca: Urai Kemacetan di Rest Area, Jasa Marga Bangun Parking Bay)

"Parking bay muat 70-100 mobil parkir. Bisa untuk istirahat, toilet, mushola. Ini sangat membantu kelancaran. Biasanya maysrakat suka piknik di rest area," kata Desi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2017).

Desi berujar, parking bay tersebut disiapkan sebanyak enam titik. Lima tersedia di tol Jakarta-Cikampek dan satu Palimanan-Kanci.

"Sudah sangat berfungsi. Saya terima foto-fotonya. Sudah sangat banyak yang memanfaatkan itu. Kan enak, datang, cuci muka, sholat," kata dia.

Desi juga menambahkan, durasi penggunaan parking bay itu satu mobil maksimal 30 menit. Parking juga menggunakan sistem buka tutup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau parking bay-nya sudah padat ya kita tutup, kita alihkan. Maksimal 30 menit kan cuma Sholat dan lainnya," kata Desi.

Diketahui, guna menunjang kenyamanan pemudik tahun 2017 ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyediakan belasan parking bay mulai dari Jakarta hingga Pemalang.

Penyediaan parking bay itu ditujukan untuk menunjang keberadaan rest area atau tempat istirahat utama yang sudah ada. Dengan demikian diharapkan tidak terjadi kepadatan di rest area yang berdampak pada kemacetan di jalan tol.

Untuk ruas tol Jakarta-Cikampek, parking bay terdapat di KM 18, KM 41 dan KM 59 arah timur. Sedangkan arah sebaliknya berada di KM 33 dan KM 58. Untuk ruas Tol Cipali, parking bay tersedia di kedua arah di titik KM 78, KM 153, dan KM 133+500.

Untuk ruas Tol Palimanan-Kanci, parking bay terdapat di titik KM 191+400 kedua arah dan ruas Tol Pejagan-Pemalang di titik KM 282+500 kedua arah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.