Pemudik Membeludak, Maskapai Dipersilakan Tambah Slot Penerbangan

Kompas.com - 23/06/2017, 16:44 WIB
Ilustrasi pesawat terbang. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi pesawat terbang.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorMuhammad Fajar Marta

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, jumlah pemudik di 4 bandara meningkat tajam, bahkan ada yang meningkat 35 persen dibandingkan lebaran tahun sebelumnya.

Menhub mempersilakan maskapai untuk mengajukan penambahan slot penerbangannya meskipun sudah memiliki tambahan penerbangan atau ekstra flight selama arus mudik Lebaran.

"Sekalipun ada tambahan 400 flight, kami imbau maskapai untuk meningkatkan slot yang sudah dimiliki," ujar Menhub di Tangerang, Jumat (23/6/2017).

Empat bandara yang mengalami kenaikan penumpang di atas rata-rata yakni Bandara Internasional Supadio Pontianak (35 persen), Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (25 persen), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (15 persen), dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (12 persen).

Sementara itu pertumbuhan rata-rata penumpang secara nasional mencapai 9 persen. Artinya, jumlah penumpang di 4 bandara itu mengalami kenaikan di atas rata-rata nasional.

Menhub memastikan jajarannya akan langsung memberikan izin penambahan slot penerbangan kepada maskapai yang mengajukan penambahan slot.

"Kami akan langsung oke," kata Menhub. Tahun ini tutur Budi, target pertumbuhan penumpang pesawat untuk angkutan Lebaran sekitar 9 persen. Namun ia sangat ingin target itu bisa terlampaui.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih adanya hambatan di jalur darat, mulai dari infrastuktur yang belum siap dan kemacetan, membuat jalur udara menjadi alternatif yang diminati pemudik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.