Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Pasar Asia Tenggara, Alibaba Suntik Lazada 1 Miliar Dollar

Kompas.com - 29/06/2017, 11:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

SINGAPURA, KOMPAS.com - Raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holdings, menginvestasikan dana tambahan sebesar 1 miliar dollar AS untuk riteler online yang beroperasi di Asia Tenggara, Lazada Group. Dengan suntikan dana segar ini, saham Lazada terkerek naik 83 persen serta memperkuat pasarnya di wilayah Asia Tenggara.

Pengumuman Alibaba ini menyusul laporan rivalnya, JD.com yang memperluas pasarnya di Asia Tenggara, serta Amazon, raksasa e-commerce AS, yang juga dikabarkan masuk ke Asia Tenggara. Wilayah ini memiliki 600 juta penduduk di mana perdagangan online masih belum banyak dilakukan.

Dengan demikian, Asia Tenggara akan jadi pasar di mana Alibaba dan Amazon akan bertarung secara "head to head".

"Ini merupakan sinyal yang jelas (dari Alibaba) bahwa saat ini mereka melihat pangsa pasar lebih baik, dan mereka percaya pada peluang e-commerce di Asia Tenggara," ujar Chief Executive Lazada Maximilian Bittner dalam sebuah sesi wawancara dengan Reuters.

Langkah untuk menambah investasi Alibaba di Lazada dilakukan raksasa e-commerce China ini setelah pada tahun lalu membeli sebagian besar saham Lazada. Alibaba memiliki opsi membeli saham sisa dari investor Lazada lainnya, 12 bulan-18 bulan setelah kesepakatan selesai.

Selain menambah dana investasi, Alibaba juga memberikan sejumlah manfaat tambahan seperti akses ke lebih banyak merchant dan meningkatkan kapabilitas logistiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com