Kompas.com - 30/06/2017, 13:00 WIB
Sebuah jalan sibuk di Hanoi. KARIM RASLANSebuah jalan sibuk di Hanoi.
|
EditorAprillia Ika

HANOI, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Vietnam menembus 6,17 persen pada kuartal II 2017, didorong peningkatan pada ekspor. Dengan demikian, Vietnam kembali bergabung dalam kelompok kecil negara yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen.

Mengutip Bloomberg, Jumat (30/6/2017), pada kuartal I 2017, pertumbuhan ekonomi Vietnam mencapai 5,15 persen. Data-data tersebut dipaparkan oleh Badan Statistik Umum Vietnam di ibukota Hanoi.

Dengan demikian, sejak awal tahun hingga Juni 2017, pertumbuhan ekonomi Vietnam mencapai 5,73 persen.

Pemerintah Vietnam memang berupaya mendorong pertumbuhan setelah pemangkasan produksi oleh Samsung Electronics Co melukai perekonomian pada kuartal I 2017. Ini menunjukkan besarnya ketergantungan ekonomi Vietnam pada Samsung.

Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc bulan lalu menyatakan pemerintah mempersiapkan ragam strategi untuk mendorong sektor elektronik dan pertanian, sekaligus memperbaiki iklim bisnis untuk memikat lebih banyak investasi.

Bank Dunia juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Vietnam akan terus menembus 6 persen pada tahun ini sampai tahun 2019. Akan tetapi, kebijakan proteksionisme perdagangan menimbulkan risiko dan kebijakan bantalan yang masih dangkal membayangi rapor bagus perekonomian Vietnam.

Selain itu, Vietnam juga rentan terhadap bencana lingkungan, termasuk di antaranya adalah kekeringan yang tahun lalu mengganggu pertanian dan mendongkrak inflasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Asia, negara-negara yang menikmati pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen setahun antara lain China, India, dan Filipina.

"Angka pertumbuhan sekitar 6 persen dalam dua tahun ke depan bisa diraih. Kunci untuk model pertumbuhan yang resilien adalah diversifikasi pasar ekspor dan produk," ujar Eugenia Victorino, ekonom di ANZ Banking Group Ltd.

Sektor manufaktur Vietnam tumbuh 12,1 persen pada kuartal II 2017, didorong peningkatan produksi ponsel Samsung Galaxy S8. Ekspor Vietnam melonjak lebih dari 20 persen per bulan pada kuartal II 2017. 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.