Kompas.com - 03/07/2017, 15:05 WIB
Lonjakan harga-harga pun tidak dapat mengalahkan kebutuhan masyarakat akan sembako dan bahan pangan lainnya. ShutterstockLonjakan harga-harga pun tidak dapat mengalahkan kebutuhan masyarakat akan sembako dan bahan pangan lainnya.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Mei-Juni 2017 hanya sebesar 1,08 persen. Padahal periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini jatuh pada dua bulan tersebut.

"Secara umum inflasi Lebaran jauh lebih terkendali dibanding tiga tahun sebelumnya," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Ia menyampaikan, tingkat inflasi pada periode Ramadhan-Lebaran tahun 2014 mencapai 1,36 persen. Saat itu Ramadhan-Lebaran terjadi pada Juni-Juli 2014.

Setahun berselang, tingkat inflasi Ramadhan-Lebaran melonjak hingga 1,47 persen. Pada 2015, Ramadhan-Lebaran juga terjadi pada Juni-Juli 2015.

Sementara itu tahun lalu, tingkat inflasi Ramadhan-Lebaran sebesar 1,35 persen. Selama tiga tahun itu, sumbangsih terbesar terhadap inflasi disumbang oleh harga bahan makanan.

"Tahun sebelumnya biasanya yang paling berpengaruh adalah bahan makanan tetapi kali ini tidak terjadi. Inflasi 0,69 persen (Juni 2017) lebih karena harga yang diatur oleh pemerintah (tarif listrik)," kata Suryamin.

BPS bersyukur inflasi Ramadhan-Lebaran tahun ini bisa terkendali. Hal itu dinilai tidak terlepas dari upaya pemerintah menjaga stabilitas harga pangan, bahkan pemerintah sampai membentuk satgas khusus pangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.