Halal Bihalal, Mentan Bicara Harga Pangan hingga "Reshuffle" Kabinet

Kompas.com - 03/07/2017, 15:14 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai Hari Raya Idul Fitri 2017, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menggelar acara silaturahmi atau halal bihalal dengan seluruh jajaran pejabat dan staf Kementerian Pertanian (Kementan).

Dalam kesempatan tersebut, Mentan mengapresiasi seluruh jajaran pejabat dan staf Kementan yang telah bekerja maksimal hingga harga pangan bulan Ramadhan hingga Lebaran 2017 berlangsung stabil.

"Kami berterima kasih kepada seluruh saudara sahabatku lingkup Kementan telah bekerja maksimal, dan kita dapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia," ujar Mentan Amran di Auditorium Kementan, Ragunan, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Mentan mengklaim, stabilitas harga dan pasokan pangan saat ini merupakan momen terbaik dalam 10 tahun.

"Harga pangan stabil dan terbaik dalam 10 tahun, dan itu kerja kita semua," papar Amran.

Menurutnya, jika diberikan kesempatan menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) hingga akhir masa jabatan yakni 2019 mendatang, dirinya akan terus melanjutkan tradisi harga pangan stabil saat hari-hari besar keagamaan.

"Kalau bisa lima tahun, (ini) bisa kami teruskan, tetapi bisa jadi ada pergantian atau reshuffle. Kami bekerja 24 jam, hari libur kami terus bekerja, dan Idul Fitri ada di lapangan, dan kami berterima kasih," ungkap Amran.

Selain itu, Mentan juga mengapresiasi kinerja Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang turut menjaga kestabilan harga pangan saat Ramadhan dan Lebaran 2017.

"Alhamdulillah tahun ini produksi baik dan harga stabil, kemudian kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Mendag dan Eselon I Kemendag," jelasnya.

Menurutnya, selain peran Kementan dan Kemendag, stabilisasi harga pangan saat Ramadhan hingga Idul Fitri juga melibatkan banyak pihak mulai dari Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Terima kasih Kapolri dan Satgas Pangan, kemudian Menteri BUMN, KPPU, Bulog, dan BUMN terkait, seluruh pedagang dan petani Indonesia karena capaian ini berkat kerja keras sinergi kita semua," pungkas Amran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi jajaran menterinya yang mampu menciptakan stabilitas pada harga bahan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kalau kita lihat, harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran tahun ini berada dalam posisi yang sangat baik, stabil," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.