AS Cabut Larangan Bawa Laptop dari Bandara Abu Dhabi

Kompas.com - 03/07/2017, 15:18 WIB
|
EditorAprillia Ika

WASHINGTON, KOMPAS.com - AS resmi mencabut larangan membawa laptop ke dalam kabin pada penerbangan dari bandara Abu Dhabi ke AS, Minggu (2/7/2017) waktu setempat.

Menurut AS, maskapai penerbangan Etihad Airways sudah menerapkan prosedur keamanan yang lebih ketat sesuai aturan.

Dilansir dari Reuters, Senin (3/7/2017), Etihad menyambut baik keputusan ini.

Pihak Etihad juga mengapresiasi fasilitas di Bandara Internasional Abu Dhabi di mana penumpang terlebih dahulu diperiksa dan dinyatakan aman oleh imigrasi AS sebelum mendarat di AS sesuai prosedur dan ketentuan AS.

Adapun pihak Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menyatakan, prosedur keamanan yang telah diimplementasikan di Abu Dhabi telah benar.

Pada Maret 2017 lalu, AS melarang penumpang dari 10 bandara di 8 negara untuk membawa laptop ke dalam kabin pesawat.

Beberapa negara yang terkena larangan itu antara lain Mesir, Maroko, Yordania, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, dan Turki.

Larangan itu ditetapkan guna merespon kekhawatiran bahwa bom dapat ditempelkan ke perangkat elektronik yang dibawa ke dalam pesawat.

Inggris pun segera menyusul AS dalam mencabut larangan membawa laptop dari Abu Dhabi.

Juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri AS David Lapan dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa upaya Etihad untuk mengimplementasikan prosedur keamanan ekstra adalah model bagi maskapai penerbangan domestik maupun internasional.

Namun, imbuh Lapan, beberapa maskapai dan bandara di kawasan Timur Tengah masih terkena larangan. Maskapai tersebut di antaranya adalah Emirates dan Qatar Airlines.

"Kami menantikan kerja sama dengan maskapai lainnya untuk memastikan implementasi prosedur kritikal ini secepat mungkin," ungkap Lapan.

Etihad saat ini mengoperasikan 45 penerbangan per minggu dari Abu Dhabi ke AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.