Mendag Optimistis Inflasi Sektor Pangan Akan Terus Terjaga

Kompas.com - 04/07/2017, 23:07 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita optimistis ke depan Indonesia akan mampu menahan laju inflasi terutama dari sektor pangan.

"Kita harus bisa menahan laju inflasi, karena negara-negara lain bisa, kenapa kita tidak bisa, apalagi masa-masa yang tidak normal (Ramadhan-Lebaran) telah kita lalui," ujar Mendag Enggartiasto setelah melakukan halal bihalal di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2017).

Menurut Mendag, angka inflasi bulan Juni yang di bawah 1 persen akan memberikan dampak positif pada perekonomian, seperti pendapatan masyarakat yang tidak tergerus hingga tingkat bunga utang pemerintah.

"Kalau inflasi tinggi maka kita harus bayar bunga lebih tinggi, demikian juga dengan pendapatan masyarakat tidak tergerus dengan inflasi," paparnya.

Kendati mampu menahan laju inflasi saat Ramadhan hingga Lebaran 2017 dirinya mengaku belum puas atas pencapaian tersebut. Dengan itu, pemerintah menegaskan akan terus menjaga stabilitas harga komoditas strategis maupun pasokan agar tidak terjadi gejolak harga yang berpengaruh pada laju inflasi.

"Kami bersyukur, tapi kami belum puas, inflasi ini akan kami pertahankan, bahkan dalam beberapa hari sudah terjadi deflasi lagi yaitu penurunan beberapa harga komoditi. Dan ni akan terus kami dorong sampai pada satu harga yang stabil," jelas Mendag.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Rusli Abdullah mengatakan, upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga pangan pada periode Ramadhan hingga Lebaran 2017 perlu diapresiasi.

"Saya mengapresiasi kinerja Menteri Perdagangan yang menjaga distribusi barang bahan pokok,” ungkap dia.

Selain itu, Menurutnya, kebijakan pasar murah juga mendorong terciptanya stabilitas harga pangan di tingkat daerah, karena konsentrasi masyarakat tidak hanya pada pasar tradisional.

"Kemudian terkait pasar murah yang ada di 300 sekian titik. Misalnya di Kebumen, di Yogyakarta, tidak seperti tahun lalu, kini harga-harga seperti ayam dan daging itu lebih terjaga," ujarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis angka inflasi untuk bulan Juni 2017 sebesar 0,69 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.