Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Cicil Utang Subsidi ke Pertamina

Kompas.com - 05/07/2017, 17:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan akan membayar utang ke PT Pertamina Persero pada tahun ini. Namun pembayaran utang itu tidak akan dilakukan secara langsung tapi dengan cara dicicil.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pembayaran sebagian utang kepada Pertamina akan dilakukan pemerintah pada semester dua tahun ini. Namun ia tidak menyebutkan besaran utang yang akan dibayar.

"Pemerintah akan memenuhi pembayaran kewajiban BBM yang selama ini dipakai oleh institusi seperti TNI yang belum terbayarkan (ke Pertamina)," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Saat ini, utang pemerintah ke Pertamina mencapai Rp 34 triliun. Utang itu terdiri dari utang subsidi BBM dan elpiji yang ditalangi oleh Pertamina pada tahun ini.

Awalnya tutur Sri Mulyani pemerintah akan melakukan kalkulasi ulang terkait besaran subsidi elpiji dan BBM pada 2017. Namun keluar keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

"Pada semester pertama lalu, perbedaan antara jumlah subsidi yang ada di dalam APBN dengan yang harus ditanggung oleh Pertamina dibayar oleh Pertamina dulu," kata Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com