Berapa Penghasilan yang Masuk Kategori Miskin di Indonesia?

Kompas.com - 06/07/2017, 18:36 WIB
ilustrasi gaji Thinkstockphotos.comilustrasi gaji
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah penduduk miskin Indonesia mencapai 27,76 juta orang per September 2016 lalu. Sebanyak 17,3 juta tinggal di pedesaan, sementara sisanya tinggal di kota.

Penghitungan penduduk miskin itu mengacu kepada batas penghasilan per kapita per bulan. Namun, angka penghasilan sebagai batas garis kemiskinan itu tidak tetap.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Bojonegoro mengatakan, sejak September 2016, penghasilan penduduk yang menjadi batas garis kemiskinan yakni Rp 361.990 per kapita per bulan.

"Artinya, yang kami harus jaga adalah memperbanyak jumlah penduduk yang bisa hidup di atas garis kemiskinan tersebut," kata Bambang saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Penghasilan sebagai batas garis kemiskinan September 2016 itu naik bila dibandingkan Maret 2014.

Saat itu, penghasilan penduduk yang jadi batas garis kemiskinan yakni Rp 302.735 per kapita per bulan.

Batas garis kemiskinan itu, bisa naik dan turun dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni angka inflasi dan harga kebutuhan dasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama ini, tingginya inflasi sangat berpengaruh kepada angka kemiskinan. Sebab inflasi akan menggerus penghasilan penduduk akibat kenaikkan harga kebutuhan dasar.

"Kuncinya adalah menjaga harga kebutuhan dasar sehingga menjaga inflasi ini jadi sangat penting," kata Bambang.

Saat ini, harga beras menjadi penyumbang kebutuhan dasar terbesar terhadap tingkat kemiskinan. Angkanya mencapai 22 persen.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.