Kompas.com - 10/07/2017, 19:30 WIB
Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers Senin (10/7/2017) Dok KKPMenteri KKP Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers Senin (10/7/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menemukan adanya modus baru oleh kapal asing dalam melakukan penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing di perairan Indonesia.  

Salah satunya, yakni dengan pemindahan ikan (transshipment) dari kapal Indonesia ke kapal asing di laut lepas, bukan di perairan Indonesia.

"Nah bagaimana kita bisa tegakkan hukum, apakah minta bantuan internasional atau gimana," ujar Susi saat Konferensi Pers Rapat Koordinasi Satgas 115 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (10/7/2017). 

Oleh karena itu, Rapat Koordinasi Satuan Tugas 115 diharapkan bisa memberikan solusi dan terobosan dalam penanganan illegal fishing di Indonesia.

Salah satunya, mengusulkan ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk menjadikan illegal fishing menjadi kejahatan global.

"Saya pikir illegal fishing enggak hanya merugikan Indonesia saja, tetapi juga dunia. Kita juga selalu meyakinkan dan memastikan bahwa penanganan kasus, atau penanganan illegal fishing selalu bisa ditangani dengan cepat dan responsif," jelas dia. 

"Pemberantasan illegal fishing penting untuk menjaga kedaulatan ekonomi dan perikanan kita," pungkas Menteri Susi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca:  Ini Rangkaian Dampak Positif dari Kebijakan Pemberantasan "Illegal Fishing")

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.