Kompas.com - 12/07/2017, 08:44 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BATAM, KOMPAS.com - Lion Group perusahaan maskapai penerbangan berencana membangun sekolah politeknik bidang aviasi.

Rencananya, politeknik ini akan dibangun di Batam, Kepulauan Riau. Presiden Direktur Lion Group, Edward Sirait mengatakan, pembangunan politeknik untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM) handal yang bekerja di Batam Aero Technic (BAT).

Saat ini, terang Edward, SDM di BAT masih diambil dari pusat fasilitas pendidikan Lion City di Balaraja.

"Lion Group akan membangun sumber daya yang capable di bidangnya khususya bisnis aviation dan Kita sudah bicara dengan Walikota Batam ada Politektik dan langsung aviasi bukan penerbangan. Kalau aviation tidak hanya bicara penerbangan tetapi ada mekanik, ada juga drone stage," ujar Edward saat ditemui di hanggar BAT komplek Bandara Hang Nadim, Batam, Selasa (11/7/2017).

Pria yang akrab disapa Edo ini menjelaskan, politeknik yang dibangun setara dengan diploma III. Politeknik yang akan dibangun menggunakan lahan dari Pemerintah daerah Batam.

"Saat ini tidak masalah. Kendalanya saat ini desain politeknik siap pakai, infrastruktur, tempat praktek, komponen-komponen di infrastrukturnya sudah ada atau belum. Jadi Pemda hanya fasilitasi tidak ada untuk proses pendidikan," jelas dia.

Edo menambahkan, nantinya pengajar dari politeknik tersebut didatangkan dari ahli aviasi dari Boeing dan Airbus. Namun, sayangnya edo, tidak menyebut kapan dan berapa biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan politeknik tersebut.

"Kalau terkait dengan airplane semua diambil dari Indonesia ada engine. Semua maskapai Indonesia beli barangnya (pesawat) ada compliment dan semua ada dalam perjanjian kita," pungkas dia.

Sekadar informasi, Lion Group telah memiliki pusat pelatihan pegawai di Balaraja, Tangerang. Tidak hanya itu, di Balaraja Lion Group juga membangun perumahan untuk Karyawan dan terdapat fasilitas sekolah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.