Penghematan, Maskapai Ini Tak Sajikan Hidangan Daging di Pesawat

Kompas.com - 12/07/2017, 12:51 WIB
Maskapai penerbangan Air India. BBCMaskapai penerbangan Air India.
|
EditorAprillia Ika

MUMBAI, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Air India memutuskan untuk tidak lagi menyajikan hidangan non-vegetarian kepada penumpang kelas ekonomi pada penerbangan domestik.

Ini adalah salah satu upaya pemangkasan biaya yang dilakukan maskapai nasional itu.

Di samping itu, pemerintah India pun tengah mencari cara untuk melakukan privatisasi atas maskapai yang sedang dililit utang tersebut.

Namun, keputusan untuk tak lagi menyajikan hidangan daging dianggap diskriminatif dan hanya berdampak kecil bagi Air India.

Meskipun demikian, bos Air India membela kebijakan maskapai. Menurut dia, dirinya tidak memahami kenapa begitu banyak kritik dan tentangan atas kebijakan tersebut.

Mengutip BBC, Rabu (12/7/2017), isu diet sangat dipolitisasi di India. Di negara Bollywood tersebut, umat Hindu cenderung vegetarian, namun umat Muslin kerap menyantap daging.

Pada Selasa (11/7/2017), pengadilan tinggi India akan meninjau keputusan pemerintah untuk melarang penjualan hewan melalui pasar ternak untuk disembelih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa waktu ini pun kerap terjadi serangan kepada warga Muslim oleh kelompok tertentu, dengan alasan mereka memindahkan sapi atau produk daging.

Pada akun Facebook miliknya, pimpinan dan Direktur Pelaksana Aie India Ashwani Lohani menyatakan, kebijakan untuk stop menghidangkan sajian daging adalah upaya mengurangi mubazir, penghematan biaya, memperbaiki layanan, dan mengurangi kemungkinan adanya kekacauan.

"Untuk penerbangan pendek, sajian hanya merupakan tambahan dan tidak menjadi kekhawatiran besar," jelas Lohani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.