Kompas.com - 12/07/2017, 18:35 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad (keempat dari kanan) Berfoto dengan Perwakilan Bank Peserta Pilot Project The First Movers On Sustainable Banking Yang Diluncurkan November Tahun 2015 Lalu, Denpasar, Bali, Rabu (12/7/2017). KOMPAS.com/ MOH NADLIRKetua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad (keempat dari kanan) Berfoto dengan Perwakilan Bank Peserta Pilot Project The First Movers On Sustainable Banking Yang Diluncurkan November Tahun 2015 Lalu, Denpasar, Bali, Rabu (12/7/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad ingin, kelak orang datang ke Bali tak hanya untuk wisata, tapi juga untuk belajar.

"Tentu saja kita berharap Bali jadi center of excellent keuangan dunia, tak hanya nasional. Orang ke Bali belajar tak hanya jalan-jalan. Mudah-mudahan bisa diwujudkan," kata Muliaman di Denpasar, Bali, Rabu (12/7/2017).

Ia pun optimis harapan tersebut bisa terwujud dengan ditandatanganinya kerjasama "Bali Center for Sustainable Finance (BCSF)" antara Universitas Udayana Bali dengan OJK.

"Potensi Bali luar biasa. Itu visible bisa dilakukan tapi perlu persiapan. Kesempatan sangat terbuka menjadikan Bali sebagai center of excellent finance dunia," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika juga ingin bahwa ekonomi di Bali tak hanya ditopang oleh wisata alamnya semata. Ia ingin ada sektor lain yang bisa juga membuat ekonomi di Pulau Dewata bisa berjalan.

"Kita ingin menambah kapasitas Bali tidak hanya wisata. Kita beternak duit, tak hanya berburu duit. Waktunya beternak duit," kata Pastika.

Ia menerangkan, cara berternak duit itu tak lain adalah dengan membuat Bali sebagai pusat industri keuangan dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya iri lihat uang orang Indonesia di mana-mana, buktinya tax amnesty lalu. Coba uang orang Indonesia dimainkan di sini, ditambah uang orang luar. Saya yakin akan bisa jadi motor penggerak ekonomi Indonesia," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.