Hindari Spekulan Tanah di Calon Ibu Kota Baru Berikut Ini

Kompas.com - 17/07/2017, 07:36 WIB
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Ibu Kota Indonesia THINKSTOCKS/AlfinToflerMonumen Nasional (Monas) di Jakarta, Ibu Kota Indonesia
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pemerintah tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke kota lain kini kembali mencuat.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) semakin serius menyiapkan rencana pemindahan ibu kota tersebut dengan melakukan kajian pemindahan ibu kota, termasuk skema pendanaan, yang akan rampung tahun ini.

(Baca: Bappenas Datangkan Ahli yang Berpengalaman soal Pemindahan Ibu Kota)

Menurut Country Manager Rumah.com, Wasudewan, ada beberapa lokasi yang dianggap paling ideal untuk ibu kota baru lantaran beberapa faktor.

Pertama, yakni kota Palangkaraya sebagai ibu kota Provinsi Kalimatan Tengah. Kota ini merupakan daerah anti gempa.

Selain itu, wilayahnya masih memiliki ratusan hektar tanah kosong yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan infrastruktur dan pembangunan pusat administrasi baru.

Kedua, daerah lain yang bisa dijadikan opsi calon ibu kota adalah Jonggol, Jawa Barat. Pemindahan ibu kota ke Jonggol pernah diwacanakan pada periode Presiden Soeharto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga, alternatif lainnya adalah Karawang. Kota ini bisa jadi ibu kota baru sebab saat ini pertumbuhan industrinya relatif lebih berkembang.

“Ongkos pemindahan ibu kota tentu tidak sedikit. Oleh sebab itu, Jonggol dan Karawang yang berjarak kurang dari 100 km dari pusat Jakarta bisa jadi alternatif yang pas," kata Wasudewan.

Alternatif keempat yang bisa dipertimbangkan pemerintah yakni Palembang di Sumatera Selatan. Sebab, sarana maupun tingkat pendapatan per kapitanya sudah cukup baik.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.