Kompas.com - 18/07/2017, 05:51 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menilai kenaikan jumlah penduduk miskin Maret 2017 dipengaruhi oleh musim yang tidak menentu.

Hal itu mengomentari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 27,7 juta orang pada Maret 2017, bertambah sekitar 6.900 orang dibandingkan jumlah September 2016.

"Musim panen tahun ini memang enggak begitu bagus hujannya enggak banyak ya. Sehingga mestinya dia terganggu penghasilan petaninya," ujar melalui Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Senin (17/7/2017).

Ia meyakini kenaikan jumlah penduduk miskin itu bukanlah perubahan struktural. Sebab di sisi, tingkat ketimpangan pengeluaran atau rasio gini justru stagnan di posisi 0,39.

Meski demikian, tutur Darmin, persoalan musim bukanlah hal yang dianggap remeh. Pemerintah menyadari persoalan ini terutama terkait curah hujan bisa menjadi faktor gagalnya panen yang langsung berimbas ke pendapatan petani.

Sementara itu, Kepala BPS Suharyanto mengatakan, sejumlah faktor menjadi penyebab tingkat kemiskinan semakin dalam dan parah. Tingkat inflasi September 2016 - Maret 2017 mencapai 2,24 persen. Sementara inflasi Maret 2016 ke Maret 2017 sebesar 3,61 persen.

Di sisi lain, upah riil petani dan buruh bangunan per hari yang tumbuh tidak tinggi tergerus oleh inflasi yang tinggi. Faktor lainnya yaitu terjadi keterlambatan dalam distribusi beras sejahtera pada Januari, Februari, dan Maret 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.