Perempuan Pemberani, Menteri Susi Raih Gelar "Wadonna Pinunjul"

Kompas.com - 19/07/2017, 14:30 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan penganugerahan gelar kehormatan "Wadonna Pinunjul" Dewan Kesepuhan Masyarakat Adat Jawa Barat.

Penganugerahan ini diraih menteri yang berpenampilan nyentrik karena telah berani menjaga kelestarian laut di Jawa Barat maupun seluruh laut Indonesia.

Wadonna Pinunjul adalah gelar perempuan pemberani menjaga kelestarian alat khususnya laut. Penyerahan anugerah ini disimbolkan dengan pemasangan kain yang melingkar ditubuh Menteri Susi dan selanjutnya dengan pemasangan topi kain di kelapa Menteri Susi.

Menteri Susi mengatakan, anugerah yang didapat ini merupakan amanah dari masyarakat adat Jawa Barat untuk melestarikan laut dan perikanan di Jawa Barat maupun di seluruh laut Indonesia.

"Anugerah ini amanah buat saya. Dan saya akan jaga terus (laut dan perikanan)," ujar Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (19/7/2017). 

Dengan anugerah ini, pemilik maskapai Susi Air ini berkomitmen untuk terus bekerja keras untuk membuat perikanan di Jawa Barat terbebas penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing.

"Saya akan bekerja sekuat tenaga dan pikiran. Dan saya sedang laksanakan sayang kepada rakyat seperti yang dipesankan Solihin GP," pungkas dia.

Sekadar informasi, Menteri Susi juga meraih penghargaan maritim tertinggi dunia yakni Peter Benchley Ocean Awards. Penghargaan itu diraihnya atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.