Sistem Perdagangan di BEI Kembali "Error", Ini Keterangan Manajemen

Kompas.com - 20/07/2017, 13:34 WIB
Suasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (2/6/2017). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (2/6/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) mengakui adanya gangguan teknis pada sistem Jakarta Automated Trading System (JATS) saat perdagangan saham berlangsung pada Kamis (20/07/2017) pada pukul 10:59 waktu JATS.

Hani Ahadiyani, P.H. Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI, mengungkapkan, pihaknya telah melakukan upaya perbaikan guna memulihkan layanan.

Menurutnya, perdagangan kembali berjalan normal seperti biasa tanpa ada perubahan jadwal perdagangan.

Dia menambahkan, jika diperlukan, pemberitahuan selanjutnya akan disampaikan oleh pihak BEI melalui situs BEI, http://www.idx.co.id.

(Baca: Sempat "Down" 1 Jam saat Pembukaan Bursa Saham, Ini Penjelasan BEI)

Sementara itu, telah beredar pesan berantai berupa pemberitahuan kepada anggota dan juga partisipan BEI terkait adanya sistem perdagangan yang error. 

Dalam informasi tersebut mengungkapkan bahwa telah terjadi delay order sejak hari Senin hingga saat ini.

"Dear all, delay order yang terjadi sejak senin kemarin sampai dengan saat ini, itu terjadi bukan karena sistem kita, tetapi diakibatkan karena sistem bursa mengalami over in out," dalam keterangan tersebut.

Dengan itu sistem perdagangan BEI hanya memproses 3000 order, sementara dalam 3 hari ini in out yang dilempar seluruh anggota bursa melebihi dari 3000 per mili second.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.