Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ini Solusi Inovatif untuk Membantu Bisnis Tumbuh di Era Digital

Kompas.com - 10/06/2024, 11:25 WIB
Aditya Mulyawan,
Putri Rahmadhini,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada era yang serbadigital, penting bagi para pengusaha untuk terus mencari cara agar bisnis dapat tumbuh dan meraih keuntungan maksimal. Namun, perlu upaya untuk meraihnya.

Salah satu langkah awal yang penting dalam mengadopsi digitalisasi adalah memahami apa itu transformasi digital dan bagaimana cara mengadaptasi teknologi hingga dapat menguntungkan bisnis.

Teknologi-teknologi tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari media sosial, analisis data, layanan teknologi seluler, keamanan siber, hingga kecerdasan buatan (AI). Ingin tahu lebih dalam? Berikut cara meningkatkan bisnis di era digital.

1. Adopsi teknologi baru

Teknologi baru yang muncul dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan membuat proses bisnis lebih fleksibel.

Namun, sebelum mengadopsi teknologi baru, pastikan Anda memahami kebutuhan bisnis, keinginan karyawan, dan bagaimana teknologi tersebut dapat memenuhi kedua aspek tersebut. Pilihlah teknologi yang paling sesuai dengan industri Anda, seperti sistem keamanan siber yang kuat untuk melindungi data penting dari serangan siber.

2. Manfaatkan pemasaran digital

Pemasaran digital adalah alat penting untuk menjangkau audiens yang lebih luas di era internet. Dengan strategi pemasaran digital yang tepat, Anda bisa mempromosikan produk atau layanan Anda ke seluruh dunia.

Pastikan bisnis Anda memiliki kehadiran online yang kuat melalui situs web dan media sosial, serta optimalkan search engine optimization (SEO) untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Anda juga dapat memanfaatkan strategi pemasaran digital, seperti iklan berbayar dan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda. Misalnya, dengan menggunakan Facebook Ads atau Google Ads untuk menargetkan iklan secara spesifik kepada audiens yang relevan dengan produk Anda.

3. Buat toko online (online shop)

Memiliki toko online adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis pada era digital. Dengan toko online, Anda dapat menjangkau pelanggan dari berbagai daerah tanpa terbatasi oleh lokasi geografis. Bisnis Anda bisa beroperasi 24 jam 7 hari sehingga memberi fleksibilitas kepada pelanggan untuk berbelanja kapan saja.

Toko online juga memungkinkan bisnis Anda menampilkan seluruh katalog produk tanpa batasan ruang, memberikan informasi detail tentang produk, dan menyertakan ulasan pelanggan guna membangun kepercayaan.

Meskipun transformasi digital terasa menantang, perusahaan tidak harus melakukannya sendiri. Menggandeng ahli yang memahami teknologi baru dan kebutuhan bisnis Anda dapat membantu mengintegrasikan teknologi dengan cara yang lebih efektif. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan dari Solcoat Digital Technology.

Solcoat Digital Technology menawarkan berbagai jasa yang dirancang untuk membantu bisnis beradaptasi dan berkembang di era digital.

Berikut layanan utama yang dirancang Solcoat untuk memenuhi kebutuhan bisnis digital.

1. Pembuatan aplikasi mobile custom

Solcoat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dengan merancang aplikasi mobile dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Fitur-fitur yang dihadirkan juga intuitif dan terintegrasi secara menyeluruh. Hal ini dapat memudahkan perusahaan dalam pengelolaan inventaris, pelacakan pelanggan, dan analisis data penjualan secara real-time.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com