Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahlil: Tidak Ada Kata Mundur, IKN Harga Mati!

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia memastikan bahwa pembangunan IKN akan tetap berjalan sesuai rencana.

"Jadi menurut saya tidak ada kata mundur, IKN harga mati dan harus jalan terus," ucapnya dalam konferensi pers Realisasi Investasi Triwulan II 2022 yang berlangsung secara hybrid, Rabu (20/7/2022).

Dengan percaya diri Bahlil mengatakan, telah mengantongi sejumlah negara investor yang dipastikan berinvestasi di proyek IKN.

"Sudah percaya saja, investasi di IKN itu sudah ada. Dari negara mana, contoh Uni Emirat Arab, contoh Korea, contoh Taiwan, contoh China, banyak," ucapnya.

Bahlil bercerita, perusahaan teknologi asal Taiwan, Foxconn sudah menyatakan ketertarikannya mengucurkan dana ke mega proyek IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Ditambah lagi, perusahaan industri besi dan baja asal Korea Selatan, Posco, juga mengungkapkan hal yang sama. Bahlil bilang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini akan melakukan kunjungan kerja ke Korsel.

Di sana, Pemerintah Indonesia akan mempelajari pengembangan ibu kota baru di Korea Selatan, yang dulunya berada di Seoul akan beralih ke Kota Sejong.

"Kayak kemarin, saya dampingi investor dari Foxconn, ketemu Bapak Presiden. Chairman-nya masuk dan menyampaikan keinginannya (investasi di IKN). Kemarin saya mengatur lagi pertemuan Bapak Presiden ke Korea. Saya bertemu dengan Posco. Posco pun pingin investasi (di IKN). Kami nanti ke sana melakukan kunjungan pengembangan kota baru," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan infrastruktur dasar IKN akan dimulai pada Agustus 2022.

"Selain SHMS dan ITS, akan diprioritaskan juga feasibility study dan basic design untuk jalan akses IKN karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar ikn pada Agustus 2022 mendatang," kata Basuki seperti diwartakan Antara.

https://money.kompas.com/read/2022/07/20/191000826/bahlil--tidak-ada-kata-mundur-ikn-harga-mati-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke