Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Diprediksi Melemah Hari Ini, Berikut Sentimennya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah melemah 0,5 persen dalam sepekan ke Rp 15.328 per dollar AS pada pekan lalu. Untuk pekan ini, rupiah diprediksi masih akan melanjutkan pelemahannya didorong sentimen global.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, dari dalam negeri sebetulnya sentimennya cukup bagus. Hal ini lantaran Bank Indonesia (BI) terus melakukan intervensi di pasar DNDF, baik valas maupun obligasi yang terlihat dari tergerusnya cadangan devisa Indonesia.

Di sisi lain, konsumsi masyarakat Indonesia terus mengalami perbaikan di Agustus, bahkan melebihi ekspektasi sehingga mengindikasikan ekonomi kuartal III akan di atas kuartal II.

Lalu, inflasi masih stabil karena adanya kerja sama BI dengan pemerintah daerah yang mengintervensi harga bahan pokok yang tinggi.

Namun, tekanan datang dari eksternal dengan kondisi kenaikan suku bunga di AS dan Eropa. Selain itu, AS dan Eropa sebentar lagi akan memasuki musim dingin ekstrim sehingga harga komoditas akan mengalami kenaikan.

"Harga lebih tinggi akan mempengaruhi inflasi dan ini yang membuat bank sentral global akan mempertahankan suku bunga tinggi, sehingga rupiah masih akan mengalami pelemahan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (10/9/2023).

Senior Economist KB Valbury Sekuritas Fikri C. Permana juga sependapat bahwa kurs rupiah masih akan terdepresiasi di awal pekan ini. Menurutnya, kenaikan indeks dollar AS seiring perbaikan data ekonomi AS masih akan menjadi penekannya.

"Apalagi ada ekspektasi inflasi AS akan kembali naik di Rabu (13/9/2023) sehingga bisa menjadi tekanan lanjutan bagi rupiah," sambungnya.


Fikri memproyeksikan nilai tukar rupiah akan bergerak di kisaran Rp 15.300 hingga Rp 15.500 per dollar AS untuk pekan ini.

Sementara Ibrahim memprediksi rupiah diperdagangkan pada rentang Rp 15.310 sampai Rp 15.400 per dollar AS. (Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah Diprediksi Melemah Pada Senin (11/9), Simak Sentimennya

https://money.kompas.com/read/2023/09/11/060000926/rupiah-diprediksi-melemah-hari-ini-berikut-sentimennya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke