Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PTBA Optimistis Target Produksi Batu Bara Capai 41 Juta Ton

“Kami optimistis target produksi batu bara bisa mencapai 41 juta ton hingga akhir tahun. Peningkatan produksi dilakukan bertahap,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PTBA Farida Thamrin dalam Public Expose Live Senin (27/11/2023).

Farida mengatakan, PTBA selalu berkomitmen dengan target produksi dan realisasi. Saat ini, produksi batu bara PTBA mencapai 40 juta ton lebih, meningkat dari produksi pada periode 2022 sebesar 30 juta ton.

Di sisi lain, perusahaan yang saat ini tengah fokus menggarap bisnis energi tersebut menghadapi tantangan di sepanjang 2023. Farida mengatakan, penurunan harga batu bara menjadi tekanan pada kinerja perusahaan tahun ini.

“Perkembangan performance PTBA berbeda di tahun 2023 dengan 2022 dan 2021. Tahun 2023 perkembangan harga itu memang terkoreksi di dua hal yakni di ICE Newcastle Coal dan Indonesia Coal Price Index (ICI),” ujar dia.

Namun demikian, Farida optimis pada antara kuartal III-IV 2023 permintaan batu bara tetap tinggi. Dia bilang beberapa negara selain Asia juga meminati batu bara PTBA, seperti India dan China.

“India dan China secara konsisten membeli batu bara kita. Sehingga kami optimis bisa melakukan peningkatan penjualan di 2023 ini,” ujar dia.

Farida menekankan untuk mendukung kinerja positif di sisa tahun 2023, pihaknya melakukan beberapa strategi. Salah satunya adalah dengan menaikkan porsi ekspor, dari sebelumnya 35 persen hingga 38 persen menjadi di atas 40 persen.

“Di banding 2022, kita melihat adanya penurunan harga batu bara dari Juni sekitar 30 persen-an. Untuk itu kami harus melakukan berbagai cara untuk menjaga laba, salah satunya menaikkan ekspor hingga 40 persen pada 2023, jelas Farida.

“Kami juga berupaya menjaga semaksimal mungkin cost dari operasinya kita, kita juga mengharapkan pemerintah juga dapat segera merealisasikan Mitra Instansi Pengelola untuk mendorong kinerja,” tegasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/11/27/130330226/ptba-optimistis-target-produksi-batu-bara-capai-41-juta-ton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke