Endro Nugroho, Antar SX4 Jadi "Car of The Year"

Kompas.com - 28/11/2008, 08:36 WIB
Editor

Sebaik apapun produk yang ingin kita jual, jika tanpa teknik komunikasi dan strategi pemasaran yang baik ke publik, hasilnya tak akan maksimal. Layaknya cuma seperti setitik hujan di musim kering.

Direktur Pemasaran PT Indomobil Niaga Internasional (IMNI) Endro Nugroho telah membuktikannya. Selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Suzuki di Indonesia, PT IMNI memiliki tanggung jawab besar memperkenalkan terobosan baru Suzuki SX4 Cross Over. Tak disangka, selain menuai hasil maksimal di pasaran, Suzuki SX4 Cross Over berhasil merebut tahta Car of The Year 2008 versi Auto Bild.

"Nggak, nggak ada persiapan khusus. Buat saya lebih fair: let the public judge. Publik pasti menilai kok," tutur Endro ketika ditemui Kompas.com.

Menurut Endro, penghargaan yang diraih merupakan suatu bonus baginya. Tugas utamanya adalah bagaimana mengkomunikasikan produk kepada publik dengan baik.

Dalam proses itu, Endro sangat bangga didampingi oleh 12 anggotanya yang terbagi dalam dua tim, yaitu tim Brand 1 yang menangani merek-merek MPV, Estillo, Carry, Futura dan tim Brand 2 yang menangani merek-merek Swift, SX4 Crossover, Neo Baleno, dan Grand Vitara. "Mereka berdedikasi, pintar membaca kondisi dan tahu betul mengatur strategi seperti apa. Sehingga image Suzuki kesampaian kita angkat," ujar Endro.

Kepada mereka, Endro selalu membangun sebuah keyakinan bahwa jika mereka mau bekerja keras maka target pasti dapat dicapai. Selain itu, Endro menekankan kepada timnya bahwa tidak ada strategi yang sama di setiap kondisi.  "Mereka harus tahu bahwa yang konstan itu adalah perubahan. Harus berpikir fleksibel. Kalau dia yakin, dia harus lakukan perubahan itu. Kedua, untuk mengerti itu dibutuhkan karakter. Ketiga, harus punya prinsip," tandas Endro.

Dengan prinsip inilah, meski baru setahun menjabat sebagai Direktur Pemasaran selama setahun, dirnya sudah mengantarkan sejumlah produk Suzuki merah penghargaan. Selain SX4 versi Completely Knock Down (CKD), tipe Neo Baleno juga meraih Best Small Sedan versi Auto Bild dan untuk penghargaan dengan kategori yang sama versi Majalah Mobil Motor diraih pula. Tipe MPV Arena juga meraih penghargaan Best MPV Frame.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tingkat dunia, Karimun Estillo meraih Frost & Sullivan Automotive Awards 2008 utuk kategori Best Value Car for Money of The Year in ASEAN.
 
Sosialisasikan Suzuki as passenger car

Menurut Endro, reputasi Suzuki memang sudah terbangun di dunia. Namun, kali ini Suzki terus berupaya menyampaikan kepada publik bahwa reputasi Suzuki sudah berubah total.  "Kita penetrasi ke passenger car karena selama ini Suzuki identik dengan angkutan umum. Tapi dengan penetrasi, bukan berarti kita meninggalkan commercial car," tutur Endro.

Hal ini sejalan dengan semangat Way of Life milik Suzuki yag kera didengungkan. Endro sangat beruntung mendapat dukungan yang besar dari pihak Suzuki Japan Motor (SJM). "Mereka terus dorong untuk tidak membuat produk yang biasa-biasa saja. Harus bikin produk yang terbaik," tandas Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.